fbpx

Dewan Minta Pemkab Perhatikan Keluhan Warga Pesisir  

Timika, APN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika, Thobias Albert Maturbongs meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika untuk memperhatikan keluhan warga pesisir.

“Saya sudah jalan ke seluruh pesisir Mimika dan bertemu langsung warga di pesisir beberapa waktu lalu. Hampir semua warga di Pesisir Mimika menyampaikan keluhan yang sama, yaitu pembangunan rumah layak huni, pelayanan kesehatan, dan air bersih,” kata Thobias pada wartawan di Kantor DPRD Mimika, Senin (14/3/2022).

Thobias meminta Pemkab Mimika melalui dinas terkait bisa memperhatikan keluhan warga.

“Rumah warga di Pesisir Mimika rata-rata sudah lapuk atau sudah tua. Rumah mereka itu rumah bantuan sosial saat kita masih bagian dari Fak Fak dan rumah bantuan pemerintah melalui program Eme Neme beberapa tahun yang silam. Jadi mohon ini harus menjadi atensi Pemerintah tahun ini,” terangnya.

Thobias mengakui, sebagai anggota DPRD dari daerah pesisir dirinya telah memperjuangkan pembangunan beberapa rumah bagi warga, seperti di Kampung Timika Pantai, Mimika Barat dan Mimika Timur Jauh, melalui Pokok Pikiran (Pokir). Namun tentunya yang diperjuangkannya terbatas.

“Tentu dari Pokir sendiri belum bisa menjawab semua kebutuhan warga, karena hampir semua kampung yang pesisir di Distrik pesisir keluhkan hal yang sama. Pemerintah tolong memprioritaskan keluhan warga ini. Karena keluhan-keluhan ini dari masyarakat asli Papua yang berdomisili di wilayah pesisir,” ujarnya.

Thobias menerangkan, selain rumah layak huni, air bersih juga dibutuhkan warga pesisir. Hampir semua kampung di pesisir kesulitan untuk mendapatkan air bersih dan hanya mengandalkan air hujan.

“Air bersih juga menjadi persoalan bagi warga yang ada di pesisir. Terkadang warga memanfaatkan air campuran air tawar dan air laut untuk kebutuhan hidup sehari hari,” terang Thobias.

Writer: AnisEditor: Sani

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: