Dewan Minta Dinkes Mimika Segera Distribusikan Obat Malaria ke Puskesmas – Antar Papua News -
Tak Berkategori  

Dewan Minta Dinkes Mimika Segera Distribusikan Obat Malaria ke Puskesmas

Wakil Ketua II DPRD Mimika, Yohanes Felix Helyanan. (Foto : Anis/APN)

Timika, APN – Wakil Ketua II DPRD Mimika, Yohanes Felix Helyanan, berharap Dinas Kesehatan (Dinkes) Mimika bisa secepatnya mengalokasikan obat malaria atau obat biru pada puskesmas-puskesmas yang ada di Mimika.

“Kebutuhan obat malaria untuk masyarakat sudah mendesak. Karena banyak puskesmas yang kehabisan obat biru tersebut,” kata pria yang akrab dipanggil John Tie ini saat ditemui APN di kantor DPRD Mimika, Jumat (16/9/2022).

John Tie mengatakan, puskesmas sebagai fasilitas kesehatan milik pemerintah harus bisa menyediakan obat malaria dengan murah. Karena jika masyarakat membeli dari klinik swasta maka biaya yang dikeluarkan lebih besar.

“Karena masyarakat kalau mau berobat ke klinik pasti membutuhkan biaya yang besar. Kalau di puskesmas tentu meringankan pasien karena terbantu dengan BPJS atau berobat gratis,” ujarnya.

John Tie mengatakan, masyarakat sangat membutuhkan obat biru, karena durasi sembuh dengan obat biru lebih cepat. Karenanya, tanpa obat biru banyak orang yang menderita akibat penyakit malaria.

Dia menambahkan, selain mendistribusikan obat malaria, Dinkes Mimika juga harus bisa melakukan tindakan-tindakan pencegahan malaria. Seperti penyemprota atau fogging atau pembagian kelambu.

Penulis: AnisEditor: Sani
%d blogger menyukai ini: