fbpx

Daud Bunga: Tupoksi OPD di Pemda Mimika Itu Tumpang Tindih

Timika, APN – DPRD mendesak Pemda Mimika harus segera laksanakan restrukturisasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mimika Kabupaten Mimika Daud Bunga menilai tupoksi OPD di Mimika tumpang tindih, sehingga perlu dilakukan restrukturisasi.

Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mimika Kabupaten Mimika Daud Bunga, saat ditemui Wartawan usai melakukan kunjungan kerja. (Foto:F.Aji)

Jadi dalam kunjungan kerja yang kami lakukan hari ini di bagian perekonomian itu kita (Anggota Komisi A DPRD Mimika) menyoroti adanya tumpang tindih tupoksi, yang semestinya di OPD A, itu ada juga di B, dan OPD lain, ini kan juga menimbulkan tumpang tindih anggaran,” tegasnya saat ditemui usai melakukan kunjungan kerja di bagian Perekonomian Setda Mimika, Kamis (15/4/2021).

Lanjutnya, dengan adanya tumpang tindih tersebut, pihaknya pun dengan tegas meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika untuk segera melakukan restrukturisasi.

“Kita desak supaya tahun ini restrukturisasi segera dilaksanakan,” ungkapnya.

Menurut Daud, Pemda Mimika harus segera melakukan perampingan, sehingga OPD di Mimika itu tidak gemuk dan menguras anggaran, tetapi ramping dan kaya akan fungsi serta bermanfaat bagi masyarakat.

“Satu kegiatan misalnya itu harus jelas substansinya apa dan dikelola siapa, jangan tiga OPD semua mengerjakan juga, itu kan pemborosan,” tegasnya.

Daud menilai, tumpang tindih yang terjadi kemungkinan bisa diakibatkan adanya ego sektoral. Maka dari itu perlu dilakukan penataan yang jelas.

Sementara itu, Kepala Bagian Ortal Setda Mimika, Leonard Kareth mengatakan mengakui jika OPD di Mimika gemuk. Sehingga perlu dilakukan evaluasi kelembagaan tetapi hal tersebut enggan dilakukan karena terkendala anggaran yang terbatas.

“Sampai sekarang belum bisa melakukan evaluasi kelembagaan, karena anggaran untuk tahun ini terbatas,” ungkapnya saat ditemui di ruangannya kemarin. (Aji-cr01)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: