Dari 37 LP Curanmor di Miru, Hampir Semua Korban Lalai Amankan Motor

Kendaraan roda dua hasil kasus curanmor yang diamankan di Kantor Polres Mimika, (Foto: Abi/APN)

Timika, APN – Penyidik Reskrim Polsek Mimika Baru menyebutkan mulai Januari-Juli 2022, telah menerima Laporan Polisi (LP) sebanyak 37 kasus dengan kejahatan Pencurian Bermotor (curanmor).

Kapolsek Mimika Baru, AKP Oscar Fajar Rahdian melalui Kanit Reskrim, Ipda Yusran mengatakan, hampir seluruhnya para korban melapor kehilangan karena lalai atau lupa menutup tutup kunci kontak motor atau mengunci stang motor.

“Karena biasanya motor sekarang sudah ada penutup kunci motor yang tinggal tekan langsung tertutup secara otomatis,” kata Ipda Yusran saat ditemui di Polsek Mimika Baru, Senin (25/7/2022).

Padahal kata Yusran, hal kecil itu sangat berpengaruh untuk menggagalkan para pencuri untuk melakukan aksinya.

“Jika para pengendara bisa lebih teliti, itu bisa mengurangi para pelaku berniat melakukan pencurian motor dengan alat kunci-kunci rakitan seperti kunci bentuk T dan lainnya,” ujarnya.

Tidak banyak itu, Yusran juga melihat dari rata-rata pelaku yang sudah diamankan, 1 pelaku bisa menggasak lebih dari 2 motor dari beberapa LP yang sudah masuk.

“Setelah dicocokkan antara keterangan pelaku dan korban, terkadang barang bukti motor yang hilang bisa 2-6 korban pelapor dengan 1 pelaku yang sama,” ungkapnya.

Saat ini dari Unit Reskrim Polsek Mimika Baru sudah menggeser 6 unit motor sebagai barang bukti hasil curanmor ke Polres Mimika di Jalan Agimuga mile 32 untuk proses hukum lebih lanjut.

Writer: AbiEditor: Aji
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: