fbpx
Berita  

Dalam 1 Jam Tim SAR Gabungan Evakuasi Korban Susi Air

Korban pesawat jatuh di wilayah Distrik Dumadama saat dievakuasi di RSUD Mimika, Kamis (23/6/2022). (Foto:Abi/APN)

Timika, APN – Hanya dalam waktu 1 jam, Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi para korban pesawat Susi Air PK-BVM jenis Pilatus PC-6/B2-H4 Turbo Porter yang jatuh di wilayah Duma, Distrik Dumadama, Kabupaten Paniai, Papua, Kamis (23/6/2022).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, George L.M Randang mengatakan, dari total 7 orang korban termasuk pilot dan kru pesawat, 5 diantaranya berhasil dievakuasi dari lokasi jatuhnya pesawat menuju Timika, Kabupaten Mimika langsung menuju ruang rawat Instalasi Rawat Darurat (IRD) RSUD Mimika.

Proses evakusi dari lokasi ke Timika menggunakan helikopter jenis Caracal milik TNI-AU Lanud Yohanis Kapiyau Timika.

“Kita hanya evakusi korban sebanyak 5 orang saja, kalau 2 orang lainnya tidak ikut, karena orang asli sana dan mereka memilih tinggal di Duma,” kata George saat ditemui di Kantor SAR Timika, Kamis (23/6/2022).

Lanjutnya, kondisi korban yang dievakuasi ke Timika cukup berat, ada yang luka di bagian kepala hingga patah tulang rusuk, tukang belakang hingga tulang tangan.

“Sedikit saja kita terlambat ke lokasi saya ragu untuk keselamatan para korban ini. Tapi mudah-mudahan semua korban selamat meskipun dengan kondisi seperti itu,” ucapnya.

Dirinya juga tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung proses evakuasi mulai dari personil TNI-AU Yohanis Kapiyau Timika, Personil Lalulintas Polres Mimika hingga masyarakat setempat di lokasi yang memiliki jiwa inisiatif yang tinggi hingga mempermudah proses evakuasi dengan lancar dan aman.

Sementara itu, Komandan Lanud Yohanis Kapiyau Timika, Letkol Pnb Slamet Suhartono juga mengatakan, berdasarkan laporan pilot helikopter Caracal, Mayor Pnb Adam Hardiman, bahwa kondisi geografis lokasi kejadian masih terbilang perbukitan.

Ternyata para korban telah dievakuasi oleh masyarakat setempat ke pemukiman usai pesawat jatuh.

Sementara nama-nama korban terdiri atas, Pilot Captain Doyle Peter, penumpang yakni Lukas Dimpau, Seru warkus Diabelu, Leo Pimpiau, Philipus Dimpau, Ficken Dimpau dan Melina Dimpau.

“Jarak dari pemukiman ke lokasi sekira 1 kilometer, masyarakat sudah amankan para korban-korban ini ke suatu tempat, dan tim datang tinggal evakuasi saja,” beber Danlanud.

Writer: AbiEditor: Sani

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: