fbpx

Cegah Malaria, Puskesmas Wania Bagikan 3.009 Kelambu Untuk Warga Kelurahan Kamoro Jaya

Timika, antarpapuanews.com – Guna mencegah dan menekan angka kasus malaria, Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Puskesmas Wania membagikan 3.009 kelambu pada warga kelurahan Kamoro Jaya, Rabu (7/10).

Kepala puskesmas Distrik Wania, drg Mariana meminta kepada warga agar kelambu yang sudah di bagikan harus digunakan saat istrahat supaya terhindar dari gigitan nyamuk.

“Kelambu yang sudah dibagikan itu jangan di gunakan untuk berkebun dan mencari ikan, tetapi gunakanlah untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk,” kata Mariana.

Kasus malaria di wilayah Puskesmas Wania mengalami peningkatan dari bulan Januari-Oktober 2020 atau tercatat sebanyak 6.623 kasus.

Terjadi peningkatan kasus malaria disebabkan beberapa faktor antara lain, terjadinya kasus malaria yang berulang atau kambuh dan biasanya malaria tersiana. Hal ini disebabkan karena pasien tidak mengkonsumsi obat hingga tuntas. Dan juga karena curah hujan yang cukup tinggi di Kabupaten Mimika sehingga nyamuk berkembang biak lebih cepat.

Ia juga berharap, agar warga di Distrik Wania tetap menjaga kesehatan dan juga menjaga lingkungan untuk menghindari gigitan nyamuk malaria dan jika ada warga yang positif malaria diharapkan juga minum obat sampai tuntas sesuai dengan anjuran dokter.

Ia juga menambahkan, pasien malaria yang paling banyak dari Kelurahan Kamoro Jaya, hal ini dikarenakan penduduk lebih banyak dibandingkan dengan kelurahan lainnya.

Sementara kasus malaria paling banyak adalah malaria tropika secara khusus di kelurahan Kamoro Jaya.(Dedi)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: