fbpx
Umum  

Bus Bantuan Kemenhub Tiba di Timika

Timika, APN – Sebanyak 67 unit bus bantuan dari Kementerian Perhubungan kepada Pemerintah Kabupaten Mimika untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional  (PON) di Mimika  telah tiba di Timika, Sabtu (28/8/2021).

Bus Angkutan PON XX saat tiba di Pelabuhan Poumako

Kepala Seksi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya (LLAJR) Dinas Perhubungan, Michael Orun kepada Wartawan membenarkan hal tersebut.

Michael mengatakan bus- bus tersebut tiba di Timika lengkap dengan Drivernya sebanyak 80 orang ditambah 2 mekanik.

Selain itu Dinas Perhubungan Mimika juga telah menyediakan 25 driver lokal ditambah 5 Driver cadangan khusus mikro bus.

“Bus- bus tadi tiba di pelabuhan Poumako pada jam 6:50 WIT, dilanjutkan pembongkaran pada pukul 07:30 WIT, dengan rincian Mikro bus sebanyak 25 unit, Long Bus 13 unit dan Medium bus 29 unit,” ujar Michael.

Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Perhubungan menyediakan lokasi Kantor Penguji Kendaraan di jalan Sp2 sebagai Pool atau garai bus.

Michael mengatakan Dinas Perhubungan Mimika belum mengetahui pasti apakah bus- bus ini akan dikembalikan atau dihibahkan ke Pemerintah Kabupaten Mimika.

“Inormasi ini belum pasti, pada tanggal 31 Agustus atau 1 September rencana akan ada serahterima dari Kementerian Perhubungan ke Pemerintah Provinsi Papua, disitu baru akan kita ketahui hibah ke kita Pemkab Mimika berapa dan yang dikembalikan ke Pusat berapa,” tutup Michael.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali berjanji akan melakukan komunikasi dengan Kementerian Perhubungan agar tidak menarik bus yang telah diserahkan kepada Sub PB PON XX Papua dan Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika.

Zainuddin mengatakan akan menyampaikan kepada Kementerian Perhubungan selaku bidang yang mengurus hal tersebut.

“Saya akan sampaikan, tapi saya belum mendengar juga kalau akan ditarik, setahu saya sih akan tetap disini, tapi nanti tetap saya akan sampaikan,” ujarnya dalam konferensi pers di Kantor Sub PB PON XX Mimika, Sabtu (28/8/2021). (Anis/Aji)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: