Bupati Mimika: PKK Adalah Mitra Pemerintah - Antar Papua News -

Bupati Mimika: PKK Adalah Mitra Pemerintah

Timika, APN – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Mimika merupakan perpanjangan tangan dari Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika.  Sebab semua program pemerintahan tidak dapat dilaksanakan hanya oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Bupati Mimika Eltinus Omaleng menilai dalam menjalankan program pelayanan pemerintah, maka dibutuhkan mitra-mitra seperti TP PKK.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng (Kanan) saat memberikan Sertifikat tanda kehadiran kepada Peserta Rakerda II

“Pelayanan masyarakat ini ada banyak maka mitra kerja dibutuhkan agar program bisa menyentuh ke masyarakat. Seperti PKK ini, kalau tidak seperti ini, masyarakat di Kampung-kampung tidak nikmati pembangunan, tidak menikmati sekolahnya, kesehatan, kesejahteraan ekonomi,” tuturnya saat memberikan sambutan dalam Rakerda II TP PKK Mimika, yang dilaksanakan di salah satu hotel yang berada di Jalan Hasanuddin, Mimika, Kamis (20/5/2021) kemarin.

Menurutnya perempuan atau Ibu-ibu PKK adalah perpanjangan tangan dari Pemkab. Ibu-ibu inilah kata Bupati, yang harus menjadi penyambung lidah kaum perempuan untuk mengajukan program ke PKK tingkat Distrik dilanjutkan ke PKK Kabupaten sehingga dapat menjadi program atau usulan ke Daerah untuk disetujui oleh Pimpinan Daerah.

“Usulan-usulan program harus disesuaikan dengan kebutuhan di Distrik itu apa. Seperti, Agimuga butuh apa, Tsinga butuh apa, dan lainnya. PKK harus lebih memperhatikan pendidikan sebab anak-anak yang akan menjadi pemimpin besok,” tegasnya.

Bupati menambahkan peran anak-anak atau generasi muda sangatlah penting saat ini, sehingga harus diperhatikan dan diberikan pendidikan yang layak.

“Dulu itu anak-anak hanya dibiarkan saja, sekarang itu anak-anak harus diurus dan diperhatikan. Anak-anak harus dikasih makan agar ke sekolah sudah kenyang agar dapat menerima pelajaran dengan baik,” ungkapnya.

Sementara, Ketua Panitia Ny Leenjte Siwabessy Paiman dalam laporannya menyampaikan bahwa Rakerda II TP PKK berlangsung sesuai dengan jadwal tanggal 18-20 Mei 2021 dalam keadaan aman dan lancar.

Peserta sebanyak 224 orang yang terdiri dari perwakilan TP PKK 18 Distrik sebanyak 144 orang dan perwakilan pengurus TP PKK kabupaten sebanyak 80 orang.

Ia mengatakan, Rakerda dibagi dalam 3 sesi yaitu materi yang diberikan dari internal pengurus TP PKK kabupaten yaitu Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara, dan para ketua Pokja.

Kedua, Eksternal dari Kepala Bappeda Kabupaten Mimika tentang alur penganggaran TP PKK mulai dari Kampung, Distrik dan Kabupaten melalui musrenbang.

Ketiga, dari Dinas Kesehatan tentang stunting, Dinas Pemberdayaan Perempuan tentang KDRT dan pernikahan usia dini, dan Kepala Dinas Pendidikan untuk Paud dan anak putus sekolah.

“Hasil yang dihasilkan dari Rakerda ini adalah perumusan oleh tim perumus menghasilkan sinergitas dan kemitraan atau TP PKK baik Distrik maupun Kabupaten,” tutupnya. (Aji-cr01)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d blogger menyukai ini: