fbpx
Berita  

Bupati Fak Fak Dukung Mimika jadi Ibukota PPT Demi Peluang Membangun Daerah

Bupati Fak-Fak Untung Tamsil. (Foto: Aji/APN)

Timika, APN – Bupati Fak-Fak Untung Tamsil menyatakan dukungannya terhadap rencana pemekaran Provinsi Papua Tengah (PPT) dimana Kabupaten Mimika akan menjadi ibu kotannya.

Hal ini disampaikannya saat mengunjungi Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Papua, Selasa (31/5/2022). Untung sebelumnya sudah tiba di Timika sejak Senin (30/5/2022) kemarin.

“Prinsip kami mendukung DOB, Mimika yang akan menjadi Provinsi, karena ini peluang untuk membangun Mimika, kami mendukung pembangunan di Mimika juga,” ungkapnya.

Untung melanjutkan Fak Fak sudah seperti orang tua bagi Mimika karena dahulu merupakan satu daerah pemerintahan.

“Kami (Kabupaten Fak-fak) bangga dapat melahirkan Kabupaten yang luar biasa. Mulai dari saya tiba sampai sekarang ini luar biasa pembangunan yang ada di Timika. Untuk itu, kami ingin sekali mendekatkan kembali hubungan persaudaraan,” katanya.

Menurut Untung, meskipun Mimika sudah menjadi Kabupaten yang terpisah dari Fak-fak, itu bukanlah penghalang menjadi bagi kedua daerah untuk menjalim silahturahmi sebab antara Fak-fak dan Timika terikat oleh sejarah.

“Sebagian wilayah Timika kan juga masuk di wilayah kami yaitu Bomberai, itu adalah sejarah dan ikatan yang tidak bisa hilang yang harus terus dijaga,” tegasnya.

Untung juga menekankan agar pemerintah bisa senantiasa memperhatikan masyarakat Fak-fak yang ada di Mimika, juga masyarakat asli Mimika Wee atau suku Kamoro yang ada di pesisir Mimika.

Dalam penyampaiannya Untung menyebut tujuannya datang ke Mimika selain untuk menjaga silaturahmi antar daerah juga untuk menghadiri acara kerukunan Fak-fak di Timika.

Sementara itu perwakilan Pemerintah Kabupaten Mimika Asisten 1 Setda Mimika, Yulianus Sasarari yang hadir untuk menyambut Bupati Untung Tamsil mengatakan kehadiran Bupati Untung seperti seorang kakak yang datang, sebab Mimika dahulu berasal dari Fak-fak.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Bupati Untung yang sudah hadir berkunjung ke Mimika,” katanya.

Bupati Untung Tamsil tiba di Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, sekitar pukul 11.20 WIT dan disambut oleh Asisten 1 Setda Mimika, Yulianus Sasarari, Asisten III Setda Mimika Hendritte Tandiono, dan sejumlah jajaran Kepala OPD.

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: