fbpx

Bumdes Merah Putih Kampung Nawaripi Resmi Ditetapkan

Timika, APN – Pemerintah Kampung Nawaripi Distrik Wania, secara resmi menetapkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Merah Putih Kampung Nawaripi Distrik Wania di Balai Latihan Kerja ( BLK) Kampung Nawaripi, Selasa (10/08/2021).

Kepala Kampung Nawaripi, Norman Ditubun (Baju Kuning) saat memberikan sambutan dalam peresmiam Bumdes Merah Putih

“Beberapa item yang tersedia seperti, penjualan air bersih, mendaur ulang sampah plastik, pengelasan, otomotif, meubeler, dan pencetakan batako,” tutur Kepala Kampung Nawaripi, Norman Ditubun.

Norman menjelaskan bahwa sasaran kegiatan yang akan diprioritaskan Bumdes Merah Putih kedepan, adalah yang pertama menjual air bersih (isi ulang) dengan harga Rp. 4.000,- per galon. Karena di kampung Nawaripi juga punya mata air yang bersih, yang sudah dipastikan langsung dari laboratorium, sehingga sudah layak dipastikan untuk dikonsumsi.

Bumdes Merah Putih akan mendaur ulang sampah plastik, dengan menggunakan mesin press packing block.

Memanfaatkan Balai Latihan Kerja (BLK) Kampung Nawaripi, kata Norman, pihaknya akan melakukan kegiatan-kegiatan, seperti pengelasan, sehingga dengan adanya pengelasan ini dapat menunjang ekonomi peserta BLK Kampung Nawaripi kedepan, dengan memberikan pelatihan, kemudian akan menerima pesanan pengelasan dari luar.

Selain pengelasan BLK juga akan bergerak di bidang otomotif, artinya bahwa dalam bidang otomotif, mengutamakan anak-anak muda Kampung Nawaripi untuk mengikuti pelatihan bongkar pasang mesin motor tempel (mesin jonson) untuk nelayan.

Lanjutnya, anak-anak muda Kampung Nawaripi akan mengikuti pelatihan bongkar pasang mesin kendaraan roda dua, dan mengikuti pelatihan bongkar pasang mesin kendaraan roda empat, yang akan dilaksanakan selama tiga bulan dengan target satu bulan pelatihan per item nya.

Tidak berhenti di soal otomotif, BLK juga akan memberikan latihan di bidang meubeler, seperti lemari, meja, kursi,pintu,jandela, dan pencetakan batako.

“Hal ini sangat membantu untuk memperbaiki ekonomi untuk anak muda Kampung Nawaripi kedepan,” kata Norman. (Anis-Cr02)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: