BPS Mencatat Kenaikan BBM Belum Pengaruhi Inflasi di Mimika – Antar Papua News -

BPS Mencatat Kenaikan BBM Belum Pengaruhi Inflasi di Mimika

Kepala BPS Mimika, Ouceu Satyadipura. (Foto: Wahyu/APN).

Timika, APN – Badan Pusat Statistik (BPS) Mimika mencatat, kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) belum terlalu berdampak pada inflasi di Mimika. Harga barang di pasaran belum mengalami kenaikan siginifikan.

Saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (22/9/2022), Kepala BPS Mimika, Ouceu Satyadipura mengatakan, harga sayur mayur masih normal. Misalnya, harga cabai yang sempat naik, kini kembali normal.

“Yang pasti ini akan terdampak masyarakat ini, terutama masyarakat di kelas menengah kebawah itu pasti akan terdampak, nah ini yang kita tunggu nih. Kalau BBM naik biasanya transportasi pengiriman barang naik, transportasi pengiriman barang naik, harga kebutuhan pokok naik, dari situlah terjadi inflasi besar-besaran tapi sampai saat ini belum terlihat kenaikan harga barang yang begitu tinggi yang disebabkan oleh kenaikan BBM,” kata Ouceu.

Ouceu menduga, kenaikan harga belum siginfikan karena masih ada barang-barang stok lama sebelum kenaikan BBM. Sehingga kemungkinan ketika stok sudah habis, maka otomatis harga barang akan melonjak.

Ouceu mengatakan, ketika harga barang melonjak maka akan berpengaruh pada inflasi di Mimika. BPS masih melakukan perhitungan statistik dalam menentukan inflasi di Kabupaten Mimika.

“Karena hukum ekonomi ya gitu, begitu BBM naik pengiriman barang pasti naik, pengiriman barang naik, harga pasti naik, tapi mungkin itu tadi, masih bertahap jadi belum terasa,” imbuhnya.

Penulis: WahyuEditor: Sani
%d blogger menyukai ini: