Berita  

BPJS TK Serahkan Kartu Peserta 6.650 Warga Distrik Kwamki Narama

Para perwakilan perusahaan dan pihak BPJS TK saat berfoto bersama dengan para Kepala Kampung di Kantor Distrik Kwamki Narama, Rabu (3/8/2022). (Foto: Aji/APN)

Timika, APN – BPJS Ketenagakerjaan (TK) Kabupaten Mimika menyerahkan kartu peserta kepada 6.650 warga Distrik Kwamki Narama. Kepesertaan tersebut merupakan hasil dari Corporate Social  Responsibility (CSR) dari enam perusahaan dan satu yayasan yang ada di Mimika.

Kepala BPJS TK Mimika Verry Boekan menyampaikan ada enam perusahaan yang terlibat yakni Jasa Prima Papua, Sandvik, Hasjrat Abadi, Timika Makmur Jaya Sentosa, Mitra Siaga, Pengembangan Jaya Papua dan satu yayasan yakni Yayasan Pendidikan Jayawijaya.

“Tahun lalu ada 14.700 pekerja rentan Orang Asli Papua (OAP) yang kami lindungi, 15 diantaranya meninggal dunia,” katanya saat memberikan sambutan dalam kegiatan penyerahan kartu peserta yang digelar di Kantor Distrik Kwamki Narama, Rabu (3/8/2022).

Verry melanjutkan, santunan yang berikan kepada keluarga 15 peserta yang telah meninggal dunia sebesar Rp 42 juta.

“Jadi Rp 42 juta dikali 15 itu sekitar Rp 600 juta. Sementara iuran yang diterima BPJS TK tidak sampai segitu. Jadi bisa dibilang secara matematika kita rugi, tapi bukan itu yang kita mau sampaikan, tetapi BPJS TK dan Pemerintah Daerah hadir pada saat masyarakat yang membutuhkan,” ungkapnya.

Verry menyebutkan untuk tahun ini sudah ada 16.500 pekerja rentan OAP  yang terlindungi BPJS TK.

“Sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) pekerja rentan OAP di Mimika sebanyak 37.000 kalau sekarang sudah 16.000 kita masih kejar 19.000 lagi,” ucapnya.

Kendati masih mengejar target sebanyak 19.000 kepesertaan tambahan, Verry mengaku sudah ada 10 perusahaan yang berkomitmen untuk menanggung iuran kepesertaan pekerja rentan sebanyak 10.000 orang atau 1000 per perusahaan.

“Sudah ada 10 perusahaan yang berkomitmen, masih menunggu waktu yang tepat untuk menyalurkannya,” tuturnya.

Verry juga memberikan apresiasi kepada Distrik Kwamki Narama yang selalu dengan segera memberikan data pekerja rentan OAP ketika diminta oleh pihaknya.

Sementara itu Kepala Distrik Kwamki Narama Edwin Hanuebi mengatakan sangat berterima kasih kepada 6 perusahaan dan 1 yayasan yang sudah memberikan perlindungan bagi warga Distrik Kwamki Narama.

“Kami akan terus melakukan update data, untuk memenuhi kuota kepesertaan sebanyak 6.650 tersebut, karena saat ini baru 1000,” tutupnya.

Writer: AjiEditor: Sani
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: