fbpx

BNPB menjadi garda terdepan dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona selama PON XX PAPUA 2021.

Timika, APN – Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mimika Kabupaten Mimika membentuk satuan tugas protokol kesehatan.

Ket, Foto: Kasub Satgas Prokes PON Kab. Mimika, ASEP SUPRIATNA saat ditemui wartawan APN. Foto: Wahyu

Kasub Satgas Prokes PON Kabupaten Mimika, Asep Supriatna mengatakan pembentukan tersebut sesuai arahan Kepala BNPB Pusat tentang pembentukan Sub Satgas Protokol Kesehatan (Prokes) di empat kabupaten-kota yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke, guna mencegah meningkatnya penyebaran virus Corona sebelum dan sesudah perhelatan PON XX Papua.

“BNPB bekerja sama dengan BPBD, TNI-POLRI dan beberapa organisasi kemasyarakatan serta relawan lokal yang ada di Kabupaten Mimika mengadakan beberapa kegiatan lainnya. Diantaranya adalah pembukaan Tenda Gerai Masker di venue-venue pertandingan Cabang Olahraga, pembagian masker keliling kepada masyarakat, melakukan edukasi berupa sosialisasi terkait prokes kepada masyarakat,” ujarnya saat ditemui wartawan APN di Kantor BPBD Mimika, (Jum’at, 08/10/2021)

Supriatna menambahkan selain TNI-Polri pihaknya juga dibantu para relawan lokal dan organisasi kemasyarakatan.

“Selain masyarakat yang berada di kerumunan, di jalan, dan venue-venue, kami juga melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah, Gereja dan Masjid. Kami melakukan sosialisasi dan juga memberikan masker gratis tentunya”, katanya.

Selain itu beliau juga menambahkan, BNPB dalam hal ini juga bekerja sama dengan beberapa instansi terkait dalam mengupayakan kesuksesan PON dan peningkatan prokes dalam perhelatan itu. Pihaknya juga ditugaskan selama adanya PON hingga tanggal 15 Oktober.

Ia sangat bersyukur sebab selama kegiatan tersebut berlangsung, tidak ditemukan kendala-kendala ataupun hambatan yang terjadi di lapangan, baik sejak awal hadir hingga berlangsungnya kegiatan, pihaknya mendapat respon positif setelah berkoordinasi dengan Pemda, TNI-POLRI setempat.

Rapat bersama Ketua Harian Sub PB PON XX Klaster Mimika Martin Paiding dan Dinas Kesehatan Mimika menurutnya sangat membantu sehingga kolaborasi yang dilakukan berjalan dengan sangat baik.

Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika juga membantu BNPB mendirikan tenda gerai masker di beberapa titik tempat venue-venue cabang olahraga digelar, sehingga memudahkan relawan-relawan lokal dalam melakukan sosialisasi dan agenda-agenda lainnya.

Ia berharap seluruh warga masyarakat Kabupaten Mimika dapat menyadari akan betapa pentingnya protokol kesehatan dalam upaya penanganan penyebaran Virus Corona. Karena saat ini angka penyebaran virus Corona di Mimika telah menurun dan tetap menggunakan masker yang telah diberikan secara gratis.

“Harapan kami kedepannya, masyarakat semakin tahu dan sadar betapa pentingnya prokes dalam upaya penanganan Covid ini, karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa Mimika pada saat ini sudah turun kasus covid. Jadi harapannya masyarakat tetap menjaga prokes,” tuturnya.

Supriatna juga menyampaikan telah mengunjungi salah satu sekolah Yayasan dan meminta waktu kepada Kepala Sekolah demi memberikan sosialisasi pada saat waktu apel pagi dengan harapan, siswa-siswi tersebut dapat menularkan informasi seputar sosialisasi kepada keluarga, dan orang-orang di lingkup sosialnya.

“BNPB telah berkoordinasi dengan PB PON agar ofisial dan para atlet untuk menaati prokes, BNPB juga memberikan masker kepada PB PON dan juga Panitia-panitia pelaksana yang berada di setiap venue sehingga untuk diberikan kepada atlet atau ofisial jika ada yang tak membawa,” tutupnya. (Wahyu)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: