fbpx

Besok Paulus Waterpauw Dilantik Menjadi Pj Gubernur Papua Barat

Komjen Pol. Paulus Waterpauw. (Foto: Dok Divisi Humas Polri)

Jakarta, APN – Besok, Kamis (12/5/2022), Komjen Pol (Purn) Drs Paulus Waterpauw, M.Si secara resmi dilantik menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan di BNPP Kemendagri tersebut menggantikan Gubernur Dominggus Mandacan dan Wakil Gubernur Muhammad Lakotani yang berakhir masa jabatannya pada Rabu (11/5/2022).

Informasi yang dihimpun antarpapuanews.com, pelantikan akan dilaksanakan di Ruang Sasana Bhakti Praja (SBP) Gedung C, lantai 3 Kementerian Dalam Negeri Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat berlangsung pukul 09.00 WIB atau Pukul 11.00 WIT.

Sejumlah pejabat Papua Barat juga diundang dalam prosesi pelantikan putra asli Kamoro ini, yakni Gubernur Dominggus Mandacan, Ketua DPRD Papua Barat, Kapolda Papua Barat, Kepala Kejaksaan Tinggi Papua Barat, Ketua Pengadilan Tinggi Papua Barat, Komandan Korem 045 Garuda Jaya, dan Ketua Majelis Rakyat Papua Barat.

Waterpauw lahir di Fakfak, Papua Barat, 25 Oktober 1963. Pada usia 10 tahun Waterpauw pindah ke Surabaya dan masuk Sekolah Dasar di YPK Yayasan Pendidikan Kristen Surabaya hingga lulus Tahun 1977. Ia melanjutkan ke SMP Negeri 6 Surabaya tahun 1980 dan SMA Negeri 5 Surabaya tahun 1983. Waterpauw menyelesaikan pendidikan di Akademi Kepolisian  Tahun 1987 dan masuk Pendidikan Tinggi Ilmu Kepolisian PTIK (1996), Sekolah Staf dan Pimpiman Polri (Sespim) tahun 2002 dan Lembaga Ketahanan Nasional Tahun 2014.

Usai lulus Sespim, Waterpauw ditugaskan di tanah kelahirannya sebagai Kapolres Mimika. Selama dua tahun menjabat Kapolres Mimika, ia dipercaya menjabat sebagai Kapolresta Jayapura. Waterpauw juga pernah menjabat Kapolda Papua.

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: