Berkat Ketekunan, Indra Kejar Cita Miliki Bengkel Motor Sendiri - Antar Papua News -

Berkat Ketekunan, Indra Kejar Cita Miliki Bengkel Motor Sendiri

Indra saat sedang membenarkan sebuah motor milik pelanggannya di bengkel servis motor miliknya di Jl. Yos Soedarso, Mimika Papua. Jum'at (22/7/2022). (Foto: Wahyu/APN)

Timika, APN – Indra, seorang pria asal Sulawesi akhirnya membuka usaha jasa pelayanan yakni Bengkel Servis Motor usai 4 bulan bekerja untuk kumpulkan modal. Bengkel tersebut ia namakan Bengkel Sulawesi Motor di Jl. Yos Sudarso, dekat simpang tiga Gereja Katedral Tiga Raja.

Saat ditemui di tempat kerjanya, Jum’at (22/7/2022), Indra, pemilik Bengkel Sulawesi Motor yang juga sekaligus mekanik di bengkel miliknya tengah tekun mengerjakan motor kustomer yang mempercayainya untuk memperbaiki.

Indra menceritakan, awal mula ke Kabupaten Mimika, dirinya hanya bermodalkan nekat. Sesampainya di Mimika, dirinya langsung diterima kerja di salahsatu bengkel di Kabupaten Mimika.

“Jadi kerja, gaji juga lumayan, empat bulan kerja itu kumpul-kumpul modal sedikit-sedikit, akhirnya dapat peluang untuk mandiri sendiri itu ya saya raih peluang itu, syukur Alhamdulillah sampai sekarang bisa seperti ini usahanya,” ujar Indra kepada antarpapuanews.com.

Selain berbekal nekat, Indra juga harus menjaga kepercayaan konsumen yang memperbaiki motor di bengkelnya.

“Intinya semua dari kemauan saja kita kerja, kalau niatnya betul-betul kita kerja bantu orang untuk mendapatkan hasil dari kita kerja itu pasti dipermudah semua sama Allah,” kata Indra.

Dirinya mengungkapkan, awal mula dirinya memulai usaha sempat mengalami sedikit kesulitan. Ia sempat kesulitan mencari tempat untuk membuka usahanya. Bahkan, pertama kali mendapatkan tempat, Indra mengaku harus disewa dengan harga yang sangat mahal jika dibandingkan dengan harga sewa ruko yang saya ini ia tempati.

Apalagi, dengan modal awal yang sangat sedikit cukup membuat dirinya kesulitan. Kendati dengan bermodalkan keyakinan dan kepercayaan, dengan gigih Indra menjemput kesempatan yang diraihnya.

“Dengan keyakinan kita kerja terus dibarengi dengan kerja keras dan kejujuran, ditambah orang percaya sama kita, jadi rejeki itu ada saja,” ujarnya.

Dari kacamata Indra, ia melihat secara luas masyarakat di Kabupaten Mimika menginginkan yang terbaik terutama bagi pelaku usaha jasa sepertinya (mekanik). Oleh karena itu, ia memanfaatkan hal tersebut untuk selalu memberikan yang terbaik dengan memberikan pelayanan maksimal kepada siapapun yang datang.

Hal itu juga merupakan cara Indra untuk tetap bertahan ditengah ketatnya persaingan antar bengkel di Mimika. Apalagi, banyak  bengkel-bengkel di Mimika yang memiliki fasilitas yang mumpuni.

“Kita tinggal kualitas kerja yang kita tingkatkan untuk bisa saingi nama besar itu. Di Timika sini masyarakat disini kalau mau dibilang itu sangat baik loh, tinggal bagaimana kita memanfaatkan kebaikannya orang, jangan kita manfaatkan kebaikannya orang dengan keburukannya kita, karena kepercayaan itu susah didapat,” sambungnya.

Bagi Indra, dimanapun berada, salahsatu kunci kesuksesan adalah hemat dan pandai mengolah uang atau rezeki yang didapati. Seperti kata pepatah, rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya.

Kepribadian yang dimiliki Indra tersebut tentu tidak terlepas dari nasehat orang tua yang selalu ia emban. Pesan-pesan itu kemudian ia terapkan dalam kesehariannya.

“Orang tua saya pesan itu, kalau kau mau berdagang, buka saja daganganmu, tidak usah kau pikir lakunya, tuhan akan kirimkan pembelinya, sama seperti buka bengkel begini, tidak usah pusing masalah saingannya, tuhan akan ngasih rejekinya kamu, rezeki itu sudah tertakar, bukan tertukar, itu yang selalu saya sampaikan ke kerabat saya,” tuturnya.

Dari bengkel miliknya, Indra mampu meraup hingga Rp.1.000.000 bahkan lebih untuk hitungan kotornya. Ia juga harus membayar sewa ruko sebesar Rp.28.000.000 per tahunnya.

Dulu, Indra merupakan seorang penyiar di salah satu radio di daerahnya selama 7 tahun lamanya. Ia juga memanfaatkan waktu siangnya untuk bekerja sebagai mekanik di bengkel, malam harinya ia bekerja sebagai penyiar radio. Kini 25 tahun sudah Indra menekuni dunia otomotif sebagai mekanik hingga sudah memiliki usaha bengkel servis sendiri.

Sementara itu, di bengkel servis motor milik Indra, menerima ganti oli, ganti ban, spare part, ganti mesin, tambal ban dan lain-lain. (Wahyu)

Penulis: WahyuEditor: Sani
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d blogger menyukai ini: