fbpx

Berencana Gelar Pembelajaran Tatap Muka, Dinas Pendidikan akan Segera Lakukan Pertemuan Dengan Pihak Sekolah

Timika, APN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mimika, berencana akan melakukan pertemuan dengan sekolah terkait dengan rencana Pembelajaran Tatap muka khusus bagi kelas 6 Sekolah Dasar dan 9 Sekolah Menengah Pertama.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jenni O Usmany mengatakan pihaknya akan segera melakukan rapat dengan Kepala Sekolah yang ada di Kabupaten Mimika untuk membahas soal teknis persiapan pembelajaran tatap muka tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mimika, Jenni O Usmany, saat ditemui Wartawan, Senin (15/03/2021).

“Besok (Selasa) mungkin kita akan lakukan pertemuan dengan pihak Kepala-kepala sekolah,” ujarnya saat ditemui Wartawan di Hotel Mozza, Senin (15/3/2021).

Lanjutnya, siswa dan siswi yang menjadi prioritas untuk melaksanakan tatap muka adalah murid kelas 6 SD dan 9 SMP. Alasan dua jenjang pendidikan tersebut dipilih karena waktu ujian yang semakin dekat.

Terkait dengan teknis pelaksanaan kemungkinan kelas hanya akan diisi sebanyak 50 persen dari total siswa. Jika hal tersebut nantinya dinilai masih terlalu padat maka akan diubah menjadi 30 persen.

“Teknisnya kalau dalam satu kelas seumpama ada 32 siswa, dibagi menjadi dua jadi 16, mungkin itu yang masuk, kalau pun masih terlalu padat nanti dikurangi lagi, jam nya pun akan dibatasi, protokol kesehatan pun akan tetap diterapkan,” jelasnya.

Jenni menambahkan pelaksanaan pembelajaran tatap muka ini masih bergantung kepada orang tua, karena orang tua juga dituntut untuk ikut mengawasi, sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

“Jadi kita akan tetap memberikan pilihan kepada orang tua, ada tiga model pembelajaran ditambah tatap muka ini, jadi yang setuju tatap muka harus membuat pernyataan tertulis, sehingga Pemerintah tidak disalahkan,” tegasnya.

Alasan pihaknya memberikan pilihan kepada orang tua dilakukan kata Jenni karena pihaknya tidak bisa terus mengawasi anak terutama setelah pulang sekolah. Dirinya pun khawatir anak tidak langsung pulang ke rumah, maka dari itu dibutuhkan pengawasan bersama.

Ditanya soal kemungkinan pelaksanaan, Jenni mengungkapkan pembelajaran tatap muka akan dilakukan setelah dilaksanakan nya rapat, karena menurutnya pembelajaran tatap muka ini juga banyak dinantikan oleh para orang tua.

“Jadi tatap muka ini, akan dilaksanakan guna persiapan ujian sekolah, simulasi pembelajaran tatap muka di sekolah itu sudah dilakukan pada Januari lalu, tetapi karena edaran dari Kementerian Dalam Negeri terkait kerumunan makanya pembelajarannya belum diterapkan,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Mimika Eltinus Omaleng juga mendukung digelarnya kegiatan belajar tatap muka, karena menurutnya pembelajaran secara digital atau online kurang efektif, terlebih lagi bagi anak yang tidak memiliki gawai.

“Contohnya anak saya itu sudah tidak mau belajar online, nah ini gimana? Maka dari itu belajar tatap muka itu penting,”, ungkapnya. (Aji-Cr01)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: