fbpx

BBI Tunjang PAD Mimika?

Timika, APN – Dinilai dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mimika terus melengkapi sarana dan prasarana Balai Benih Ikan (BBI) Lokal Kabupaten Mimika.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mimika, Leentje Siwabessy, saat ditemui Wartawan di ruang kerjanya, Rabu (23/02) mengatakan BBI berfungsi untuk menyiapkan benih ikan yang unggul untuk masyarakat, baik dalam bentuk bantuan, maupun dijual untuk menambah PAD Kabupaten Mimika.

Lanjutnya, sarana dan prasarana Balai Benih Ikan yang terletak di Bhintuka SP 13 dari tahun ke tahun terus dilengkapi, lantaran sebelumnya banyak kolam yang tidak digunakan karena bocor, tidak ada penampungan air yang baik untuk sirkulasi sehingga benih tidak dapat hidup dengan baik.

Selain masalah kolam dan sirkulasi, tidak adanya sumber daya manusia yang mumpuni juga menjadi kendala yang dihadapi oleh pihaknya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Leentje Siwabessy

Sekarang sudah baik dari sarana dan prasarana karena didukung dengan anggaran dari tahun ke tahun, dan didukung oleh sumber daya manusia melalui sarjana-sarjana jurusan budi daya, SMK perikanan, notabenenya honorer putra daerah asli yang mempunyai kemampuan untuk memijah,” jelasnya.

Ia menambahkan pihaknya sudah memperbaiki kolam-kolam yang bocor, kemudian membangun sumur sintetis untuk saluran air, serta pengadaan induk ikan untuk kemudian dipijah mandiri.

Pembinaan terhadap pembudidaya ikan pun dilakukan agar mempunyai kemampuan sehingga dapat menjual produk terbaik disekitar Mimika dan area pegunungan.

Leentje pun mengklaim dengan adanya perubahan yang dilakukan BBI dapat menghasilkan PAD bagi Kabupaten Mimika dari sektor budi daya benih ikan air tawar.

Saat ini benih yang tersedia itu ada bibit ikan nila hitam dan merah, ikan lele, ikan koi, serta ada juga ikan mas,” tutupnya. (Aji-Cr01)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: