fbpx

Bappeda Susun Dokumen Indikator Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat

Timika, antarpapuanews.com – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) melakukan penyusunan indikator ekonomi dan kesejahteraan masyarakat daerah khususnya Kabupaten Mimika. Penyusunan tersebut sudah memasuki tahap akhir, sehingga dilakukan pembahasan dalam seminar akhir yang diselenggarakan di ruang rapat kantor Bappeda Mimika, Jumat (20/11).

Kepala Bidang (Kabid) Penelitian dan Pengembangan Ekonomi Bappeda Mimika Amelda Rumayomi mengatakan seminar akhir tersebut dilakukan untuk meminta pendapat terkait dengan penyusunan indikator pertumbuhan ekonomi di kabupaten Mimika dari sektor-sektor unggulan yang ada.

Selain itu adalah melihat dan mengukur peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Mimika. Dasar pertimbangan dari penyusunan indikator perekonomian daerah antara lain, upaya peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Lanjutnya, indikator yang dihasilkan nantinya akan memberikan gambaran terhadap perkembangan perekonomian daerah serta evaluasi keberhasilan pembangunan daerah. Selain itu juga terkait laju pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sebagai indikator perekonomian daerah. Kemudian untuk monitoring terhadap hasil pembangunan untuk melihat sejauh mana pembangunan yang telah dilaksanakan bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kita (Mimika) memiliki sektor andalan seperti perikanan, pertanian, peternakan dan lain sebagainya. Indikator kesejahteraan yang disusun itu kita lihat dari data tahun 2015 hingga tahun 2019,” tuturnya.

Amelda mengungkapkan bahwa dokumen yang disusun tersebut untuk nantinya dipakai untuk penyusunan perencanaan setiap OPD teknis. Dokumen tersebut juga dijadikan acuan oleh Bappeda untuk dasar Bappeda dalam melakukan pengendalian.

“Dokumen itu nantinya lebih penting untuk penyusunan dokumen perencanaan seperti Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan dokumen lain terkait perencanaan,” ungkapnya. (Eye)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: