fbpx

Bappeda Gelar Seminar Susun RDTR Distrik Kuala Kencana

Susana seminar pendahuluan, Penyusunan RDTR Distrik Kuala Kencana, Rabu (16/9) di Kantor Bappeda Kabupaten Mimika. (foto: Fachruddin Aji/antarpapuanews.com)

Timika, antarpapuanews. com – Badan Pembangunan dan Perencanaan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mimika, menggelar seminar pendahuluan penyusunan Rancangan Detail Tata Ruangan (RDTR) Distrik Kuala Kencana, Rabu (16/9).

Kegiatan seminar yang diselenggarakan di kantor Bappeda tersebut, melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan konsultan yang telah ditunjuk oleh Pemerintah Daerah (Bappeda).

Menurut Sekretaris Bappeda, Hillar Limbong Allo, seminar bertujuan sebagai langkah awal penyusunan RDTR Distrik Kuala Kencana.

“RDTR ini kita (Pemda-Red) susun agar pembangunan itu tertata rapi dan tepat sasaran,” ujarnya.

Menurutnya penyusunan RDTR khusunya di wilayah Distrik, akan sangat membantu penataan zonasi di wilayah tersebut. Ia menjelaskan dalam RDTR, wilayah terbagi menjadi beberapa zona yakni perkantoran, pelabuhan, pariwisata, pendidikan, permukiman, perdagangan, jasa, hutan kota, dan Industri.

“RDTR ini nantinya akan menjadi sebuah Peraturan Daerah (Perda), sehingga zonasi wilayah tersebut jelas. Apabila dilanggar akan dikenakan sanksi, sebagai contoh, wilayah tersebut merupakan zona Ruang Terbuka Hijau (RTH) tetapi ada yang membangun permukiman, maka akan ada sanksi minimal mereka harus pindah,” jelasnya.

Sementara itu Assiten II Setda Mimika Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Mimika, Syahrial yang juga hadir dalam seminar, mengatakan program penyusunan RDTR sendiri merupakan program yang berkelanjutan.

“RDTR ini berkelanjutan, jadi semua distrik akan ada RDTR nya sesuai dengan potensi dan daya dukung wilayah. Jadi kita (Pemda) dalam memberikan arahan pembangunan bisa sesuai. Contohnya di wilayah tersebut berpotensi sebagai penghasil sagu maka pembangunan akan berfokus pada potensi tersebut,” jelasnya. (Aji)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: