Bapenda Laksanakan Uji Kepatuhan Terhadap Pewajib Pajak - Antar Papua News -

Bapenda Laksanakan Uji Kepatuhan Terhadap Pewajib Pajak

Sekretaris Bapenda Mimika, Yulianus Amba Pabuntu. (Foto: Wahyu/APN).

Timika, APN – Sekretaris Bapenda Kabupaten Mimika, Yulianus Amba Pabuntu mengatakan, petugas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Mimika Bidang Pajak saat ini tengah menjalankan Uji Petik di tempat-tempat usaha di Kabupaten Mimika seperti restoran, toko dan tempat-tempat pelayanan lainnya.

Hal ini kata Yulianus merupakan suatu upaya yang dilaksanakan Bapenda Kabupaten Mimika setiap tahunnya untuk mendongkrak realisasi pajak agar dapat mencapai target yang ditentukan.

“Jadi dari staf kita nongkrong di wajib pajak seperti restoran, mereka nongkrong di situ dari pagi sampai restoran itu tutup, atau tempat hiburan, duduk disitu dari buka sampai tutup, jadi kita menghitung transaksi yang terjadi,” kata Yulianus saat ditemui antarpapuanews.com di ruang kerjanya. Rabu (27/7/2022).

Yulianus menjelaskan, hasil transaksi yang didata tersebut akan dipakai sebagai perbandingan untuk menetapkan target pajak di bulan atau tahun berikutnya. Pendataan tersebut juga disebut dengan uji petik.

Penetapan target realisi pajak dengan sistem tersebut dilakukan agar nilai pajak yang ditentukan tidak kurang atau bahkan melebihi hasil data uji petik.

“Misalnya dalam perjalanan dua Minggu rata-rata tiap hari kita dapati transaksi sekian, itu kita sudah bisa perkirakan bahwa wajib pajak ini atau bulan sekian, untuk bulan berikutnya tidak akan terlalu jauh dari itu sehingga potensi kita bisa tau,” ujar Yulianus.

Uji Kepatuhan ini kata Yulianus sudah berlangsung dalam kurun waktu dua Minggu terakhir. Tambahnya, pada pelaksanaannya tidak ada keluhan atau kendala yang dialami para wajib pajak karena sudah diinformasikan sebelum mulai uji kepatuhan ini dilakukan.

Sebelumnya, sejumlah upaya lain sudah dilakukan oleh Bidang Pajak kepada para wajib pajak, namun menurut Bapenda belum terlalu efektif.

Yulianus melanjutkan untuk bidang PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) tim baru akan melakukan pengumpulan pada tanggal jatuh tempo, yakni akhir Agustus mendatang, dan jika ada keterlambatan dari para wajib pajak maka akan dilakukan operasi sisir.

“Ini dilakukan untuk Bagaimana target kita ini bisa tercapai,” tutupnya.

Penulis: WahyuEditor: Sani
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d blogger menyukai ini: