Banyak Produk-Produk Kopi Bermunculan, Loka POM Mimika Tingkatkan Pendampingan - Antar Papua News -

Banyak Produk-Produk Kopi Bermunculan, Loka POM Mimika Tingkatkan Pendampingan

Barista Rumah Kopi Amungme Gold saat sedang sibuk menyeduh untuk para pengunjung RKAG. Sabtu (30/7/2022). (Foto: Wahyu/APN)

Timika, APN – Loka Pengawasan Obat dan Makanan di Kabupaten Mimika terus menjaring produk-produk lokal hasil olahan para pengusaha kopi di Kabupaten Mimika. Hal itu menyusul banyaknya produk-produk kopi lokal yang mulai dipasarkan para pengusaha kopi lokal di Mimika.

“Selain melakukan pengawasan, Loka POM di Kabupaten Mimika juga melakukan pendampingan terhadap para pelaku UMKM tersebut, terutama dalam memberikan informasi dan edukasi seputar uji kelayakan, pemasaran hingga izin edar,” kata Kepala Loka Pengawasan Obat dan Makanan di Kabupaten Mimika, Lukas Dosonugroho saat ditemui di Rumah Kopi Amungme Gold, Sabtu (30/7/2022).

“Kita sudah mengundang mereka, kita udah diskusi, bagaimana cara supaya lebih dikenal di masyarakat, untuk kopi bisa diuruskan izinnya PIRT di Pemda, bisa juga ke kami kalau sedandainya mau diekspor, ini sudah beberapa yang berminat untuk diekspor, tapi baru beberapa yang mengajukan ke kami, termasuk ini (Kopi Amungme Gold),” lanjutnya.

Selain kopi, kata Lukas pendampingan juga dilakukan kepada para pelaku UMKM lainnya seperti kelompok-kelompok tani yang mempunyai produk lokal hasil produksinya sendiri.

Lukas mengajak semua pelaku UMKM agar tidak keberatan melakukan uji kelayakan untuk dipasarkan serta izin edar bagi produk-produk yang hendak dipasarkan sesuai ketentuan BPOM.

“Kami punya semangat untuk mendampingi siapapun, bukan hanya kopi, termasuk pengusaha-pengusaha kue, atau yang lain, pokoknya UMKM lah, kantor kami terbuka selama jam kerja,” pungkasnya.

Penulis: WahyuEditor: Sani
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d blogger menyukai ini: