Bank Mandiri Cabang Timika Bertransformasi ke Pelayanan Digital - Antar Papua News -

Bank Mandiri Cabang Timika Bertransformasi ke Pelayanan Digital

Branch Operation Manager Bank Mandiri Cabang Timika, Mariani Diana Lie saya membantu menjelaskan tata cara reservasi kepada seorang nasabah Bank Mandiri. Jum'at (29/7/2022). (Foto: Wahyu/APN).

Timika, APN – Bank Mandiri Kantor Cabang Timika bertransformasi ke pelayanan digital dengan diresmikannya Digital Smart Branch Jum’at (29/7/2022). Digital Smart Branch ini juga secara serentak dioperasikan oleh 242 Cabang Bank Mandiri di seluruh Indonesia.

Dengan Inovasi Smart Branch tersebut Bank Mandiri mengadopsi fitur-fitur layanan baru yang bakal memudahkan nasabah dalam bertransaksi dengan pengembangan fitur berorientasi kepada nasabah ataupun customer centric.

Smart Digital Branch didesain untuk dapat mengakomodir kebutuhan nasabah berdasarkan tingkat adopsi digital dengan menghadirkan proses layanan yang terintegrasi dengan digital channel dan self-service machine.

Selain itu, nasabah yang memerlukan konsultasi produk dan layanan lainnya juga dapat langsung dibantu oleh General Banker (GB) yang bertugas.

General Bankir Officer Bank Mandiri Timika, Deddy Triandi saat ditemui antarpapuanews.com, Jum’at (29/7/2022) mengatakan, langkah transformasi digital ini juga merupakan bagian dari inisiatif Bank Mandiri dalam mendorong peningkatan literasi keuangan digital di Tanah Air.

Transformasi Smart Digital Branch ini sendiri akan hadir dalam tiga tipe, antara lain Digital Box, Hybrid Branch dan Upgrade Branch. Untuk operasional di Bank Mandiri Kantor Cabang Timika, kata Deddy terbagi menjadi dua, yakni financial (Upgrade Branch) dan non financial (Hybrid Branch).

Digital Box akan hadir untuk nasabah yang membutuhkan layanan perbankan secara cepat dan praktis, karena dibekali dengan self-service machine seperti ATM Setor Tarik dan Customer Service Machine (CSM), serta Video Conference Box yang dapat memungkinkan nasabah berinteraksi secara daring dengan staf Bank Mandiri.

Hybrid Branch hadir dengan kelengkapan digital seperti ATM Setor Tarik, CSM, Video Conference Box, dan General Banker yang selalu siap memberikan solusi produk-produk finansial, edukasi digital banking maupun layanan transaksional perbankan lainnya. Hybrid Branch dapat dimanfaatkan oleh nasabah yang membutuhkan layanan perbankan secara kompleks, namun terdigitalisasi.

Untuk tipe ketiga, yakni Upgrade Branch dihadirkan bagi nasabah yang membutuhkan layanan perbankan, namun masih perlu didampingi oleh General Banker untuk menyelesaikan layanan yang dibutuhkan.

Upgrade Branch memiliki zona-zona khusus layanan digital yang berdampingan dengan zona layanan konvensional, sehingga nasabah dapat mencoba bertransaksi di zona digital untuk mulai membiasakan diri dengan pengalaman perbankan digital yang baru.

“Operasional itu terbagi menjadi dua, ada yang financial dan ada yang non financial, kalau yang financial itu transaksi seperti transfer, penarikan tunai dan setor tunai, nah kalau di smart branch ini kalau sebelumnya transfer setor tunai dan lain-lain seperti financial itu transaksinya melalui teller yang konvensional, kalau di smart branch ini nasabah itu sudah bisa transaksi melalui mesin ATM CRM kalau mau setor tunai atau penarikan,” kata Deddy.

Selain itu, bagi nasabah yang belum melakukan reservasi melalui Livin’ by Mandiri, Bank Mandiri tetap menghadirkan kemudahan transaksi dengan adanya electronic form (e-Form) yang paperless, terintegrasi dengan data internal Bank Mandiri maupun data Dukcapil dan Livin’ by Mandiri.

“Yang berubah juga itu sistem antrian, jadi sebelumnya itu antrian itu dari security langsung kasih nomor antrian biasa, nanti di depan itu ada tablet Nasabah itu tinggal scan KTP sama scan wajah jadi datanya itu sudah terbaca di E-form-nya, jadi formulir yang sebelumnya di kertas itu jadi elektronik, jadi datanya sudah terrecord disitu dia tinggal isi tujuannya mau transaksi apa, nanti ada general bankers (pegawai/petugas) tinggal.lihat di dia punya tab, nama nasabahnya, keluhannya apa, jadi kita bisa cepat pelayannya,” ujar Deddy.

“Kalau sebelumnya kan sampai ke meja CS nanti mereka input lagi,  kalau yang sekarang tidak perlu, jadi kita langsung bisa transaksi, kita bisa hampiri nasabah di tempat duduknya lalu melakukan transaksinya,” sambungnya.

Sementara itu, Digital Smart Branch ini di Mimika saat ini masih dalam tahap edukasi, namun kedepannya diharapkan dapat melakukan self-service secara mandiri.

“Jadi untuk harapannya itu nasabah itu bisa lebih nyaman bertransaksi di Bank mandiri,” tutup Deddy.

Sementara itu, Branch Operation Manager Bank Mandiri Cabang Timika, Mariani Diana Lie juga menjelaskan, nantinya ketika nasabah selesai melakukan reservasi mulai dari memasukkan nomor rekening, scan KTP dan Scan wajah, secara otomatis data diri beserta wajah-wajah nasabah akan muncul di layar tab general bankers yang bertugas. General bankers selanjutnya akan menghampiri nasabah berdasarkan nomor antrian untuk memberikan pelayanan.

“Jadi pada saat kita hampiri contoh di antriannya itu kalau disini kita layani dengan nomor antriannya sekian untuk cs itu kita sudah tau mukanya yang mana jadi kita langsung hampiri, jadi semua tercover dengan mesin semua,” ucap Mariani.

Penulis: WahyuEditor: Sani
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d blogger menyukai ini: