fbpx
Budaya  

Bangkitkan Gelora Seni Muda-mudi Timika Lewat Inside Festival Of Art (TIFA 2022)

Timika, APN – Timika Inside Festival of Art atau yang disingkat TIFA 2022 akan kembali digelar oleh sekelompok pemuda yang berasal dari Sanggar Amuta Wapuri Art Gallery dan Noken Star Papua Indonesia.

Sanggar Seni Amuta Wapuri sendiri sebelumnya telah menggelar event tersebut (Timika Inside Festival Of Art) untuk pertama kalinya pada 2019 lalu, tepatnya pada April. Tahun ini, muda-mudi tersebut akan kembali menggelar event tersebut.

Sejumlah rangkaian kegiatan menarik akan menghiasi event tersebut. Diantaranya adalah Bazar dan Pameran Budaya, Karnaval Budaya, Papua Plus Size Model Hunt 2022, Papua Fashion Culture 2022, Tajub Nusantara, Pemutaran Karya Film Komunitas Seni serta Panggung Seni Budaya.

Artist Director, Alfo Smith menerangkan, Festival tersebut dilaksanakan atas dasar kecintaannya terhadap dunia Seni.

Selain itu juga, dengan keterbatasan ruang dan waktu bagi pelaku-pelaku Seni di Papua khususnya di wilayah Kabupaten Mimika menjadi keresahan tersendiri yang kesekian kalinya terpendam dalam dirinya. Hal itu dikatakannya menjadi alasan mendasar sebagai rencana pelaksanaan kegiatan itu.

Hal yang sama juga dikemukakan Ketua Panitia Timika Inside Festival of Art, Fransina Kutanggas.

“Semoga dengan adanya TIFA2022 ini bisa membangkitkan jiwa dan rasa semangat masyarakat Papua untuk berkarya,” kata Fransina saat dikonfimasi, Terang Alfo saat dikonfirmasi, Jum’at (25/02/2022).

Sebagai artist director, Alfo mengatakan, tujuan daripada kegiatan itu adalah untuk membangkitkan gelora serta semangat kaum muda di Tanah Amungsa Bumi Kamoro yang sadar akan pentingnya melestarikan Seni dan Budaya.

“Jadi melalui kegiatan ini setidaknya bisa menjadi ruang dan membuka jalan bagi mereka untuk bisa hadir dan berkarya disitu,” katanya.

Ia juga berharap, dengan adanya kegiatan tersebut kedepannya dapat dijadikan sebagai program tahunan agar terus memupuk dan merawat bibit-bibit Seni yang terpendam dalam benak muda-mudi di Kabupaten Mimika.

“Semoga ini kedepannya dapat menjadi program tahunan yang dimana, teman-teman sudah tahu bahwa Festival ini akan dilaksanakan setiap tahun dan setiap tahunnya juga sebelum event ini dilaksanakan, teman-teman sudah bisa mempersiapkan karya-karyanya yang akan diikutsertakan dalam festival nanti,” terang Alfo.

Festival seni ini diharapkan dapat dijadikan wadah bagi para pelaku Seni untuk lebih mengenal budaya asli di dataran Papua, khususnya di kawasan Kabupaten Mimika, seperti Budaya Amungme dan Kamoro, serta budaya lima suku kerabat lainnya di Mimika.

Selain memperkenalkan budaya Papua, berbagai persembahan budaya dari bermacam-macam suku yang berada di Kabupaten Mimika juga rencananya akan diikut sertakan.

“Setidaknya dengan adanya festival ini mereka bisa pelajari, dan bagi teman-teman putra-putri asli Timika yang hendak melanjutkan studi di luar Papua, setidaknya dengan Festival ini mereka lebih mengenal adanya persembahan-persembahan dari paguyuban-paguyuban yang ada di Kabupaten Mimika ini. Misalnya dari Jawa, Sumatera, Bali, Sulawesi, Maluku dan sebagainya,” ungkap Alfo.

Dikatakan Alfo, terkait progres kegiatan tersebut kini telah berjalan sekitar dua puluh persen. Meskipun baru resmi diumumkan dalam kurun waktu satu minggu melalui akun sosial media, warga masyarakat Kabupaten Mimika tampak antusias dan merespon dengan sangat positif bahkan mendukung perencanaan tersebut.

Selain penduduk lokal, beberapa peserta Timika Inside Festival Of Art 2022 juga berasal Provinsi Papua dan Papua Barat. Sedangkan peserta lainnya juga datang dari Bandung dan Nusa Tenggara Timur dikabarkan telah mendaftarkan diri untuk berpartisipasi dalam memeriahkan event Seni dan Budaya tersebut.

“Harapannya mungkin nanti ada daerah-daerah lain juga yang akan berpartisipasi, tuturnya.

Sementara itu, Fransina berpesan agar pemuda-pemudi di Mimika dapat terus bersemangat dalam menggali dan melestarikan budaya asli Papua.

“Pesan saya setelah acara festival ini, saya mau khususnya untuk muda-mudi Timika tetap semangat dalam menggali dan mengeksplorasi tradisi budaya Papua,” ujarnya.

Event tersebut dikatakan fransina, rencananya akan dimeriahkan juga oleh sejumlah artis ibu kota. Kendati demikian, dirinya belum dapat membeberkan siapa saja artis yang akan diundang nantinya.

“Kami mengundang beberapa artis dan influencer dari ibu kota. Ada 11 artis ibu kota yang kami undang tapi saya tidak bisa menyebut satu persatu,” Pungkasnya.

Sementara itu, selain artis ibu kota, tim KEMENKRAFT dijadwalkan hadir dalam kegiatan itu. Dan akan dibuka secara resmi oleh Bupati atau Wakil Bupati Kabupaten Mimika yang nantinya berkenan untuk hadir.

Selanjutnya, untuk estimasi waktu pelaksanaan masih menjadi rahasia Sanggar. Namun pastinya pelaksanaan Timika Inside Festival Of Art (TIFA 2022) akan dihelat pada April mendatang.

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: