fbpx

Bagian Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Mimika, Berikan Sosialisasi Bagi Pengusaha Mikro

Suasana kegiatan sosialisasi Bagian Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Mimika bagi Pengusaha Mikro, di gedung Bobaigo Mimika, Jumat (13/5/2022). (Foto: Aji/APN)

Timika, APN – Bagian Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Mimika menggelar sosialisasi bagi Usaha Mikro dan Menengah se-Kabupaten Mimika.

Kegiatan tersebut digelar di Gedung Bobaigo, Kompleks Keuskupan, Mimika, Jumat (13/5/2022).

Kepala Sub Bagian Laiko Fredy Laly dalam laporannya mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan adalah untuk memberikan pemahaman kepada peserta tentang kewajiban dan petingnya usaha bagi penanaman modal di Indonesia.

Peserta yang hadir dalam kegiatan kata Fredy berasal dari para pelaku usaha mikro yang ada di Kabupaten Mimika.

Seluruh kegiatan pun di danai dari APBD DPA Bagian Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Mimika Tahun 2022.

Adapun materi sosialisasi yang diberikan yakni berkaitan dengan PP no.7 tahun 2021 tentang Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan menengah. Selanjutnya tentang syarat mengajukan Izin Usaha Mikro, Nomor Induk Berusaha, Izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), juga keuntungan memiliki surat izin.

Sementara itu mewakili Bupati Eltinus Omaleng, Assisten III Setda Kabupaten Mimika Hendriette Tandiono mengatakan koperasi dan UMKM merupakan salah satu kekuatan pilar ekonomi yang mampu menciptakan dan memperluas lapangan kerja, selain itu juga berperan dalam peningkatan ekonomi sehingga terwujud stabilitas ekonomi nasional.

“Mengingat arti penting itu maka Koperasi dan UMKM harus memperoleh keberpihakan politik ekonomi yang dapat memberikan kemudahan, perlindungan dan pemberdayaan,” katanya.

Hendriette menlanjutkan sosialisasi yang diberikan bisa menjadi wadah untuk memberikan pemahaman terkait dengan regulasi berbagai kebijakan dalam kemudahan mendirikan usaha, perizinan, fasilitas dan akses pasar bagi koperasi dan UKM.

Writer: Aji/cr01Editor: Sani

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: