fbpx

Awali Operasi Ketupat Damai Cartenz 2022, Forkopimda Mimika Laksanakan Apel Gelar Pasukan

Pemeriksaan pasukan apel gelar pasukan Operasi Ketupat Damai Cartenz 2022 di Lapangan Timika Indah yang dilakukan oleh Wakil Bupati Kabupaten Mimika selaku Inspektur Upacara, Jum'at (22/4/2022). (Foto: Wahyu/APN).

Timika, APN – Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Mimika melakukan Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Cartens 2022 di Lapangan Timika Indah, Mimika, Jum’at (22/4/2022).

Apel gelar pasukan tersebut tanda dimulainya Operasi Ketupat Damai Cartenz yang akan dilaksanakan hingga 10 Mei 2022. Operasi Ketupat dibagi menjadi 7 pos yang disiagakan di titik keramaian terutama di bandara dan pelabuhan. Terlebih, mudik lebaran tahun ini mendapat kelonggaran dari pemerintah. Operasi Ketupat Cartenz akan melibatkan TNI-Polri dan seluruh instansi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika.

Kapolres Mimika, AKBP. I Gusti Gde Era Adhinata mengatakan, hal ini sangat penting dilakukan karena pasca mudik di tahun-tahun sebelumnya mendapat dari pemerintah guna mencegah penyebaran virus corona.

“Penutupan-penutupan di tahun sebelumnya, dengan adanya kelonggaran dari pemerintah tentunya euforia masyarakat sangat tinggi untuk melaksanakan mudik lebaran. Sehingga kita dari pemerintah daerah, TNI-POLRI dan ormas-ormas yang ada sudah sepakat untuk sama-sama menjaga keamanan,” terang Kapolres Kepada wartawan saat ditemui di Lapangan Timika Indah usai apel gelar pasukan.

Sementara itu, Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob yang dalam pelaksanaan apel gelar pasukan tersebut bertindak sebagai inspektur upacara turut menyoroti berbagai dinamika sosial yang akhir-akhir ini terjadi di lingkup sosial masyarakat Kabupaten Mimika sepanjang bulan Ramadhan masih terus terjadi.

John berharap, dengan adanya operasi damai cartenz 2022 tersebut dapat memberikan situasi kamtibmas di Kabupaten Mimika yang aman dan damai bagi masyarakat pasca perayaan Idul Fitri.

“Pemerintah akan memberikan dukungan kepada TNI-POLRI. Nanti kita akan lihat segala macam bentuknya dan kita harapkan kegiatan ini semuanya berjalan dengan baik dan Mimika kita harap aman,” kata John.

Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan hari libur nasional pada hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022 dan cuti bersama Idul Fitri pada tanggal 29 april dan tanggal 4 mei 2022.

Berbeda dengan Idul Fitri tahun lalu, tahun ini pmerintah memberikan kelonggaran-kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga. Kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan-penyekatan di jalur-jalur lintasan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik.

Operasi Ketupat Damai Cartenz 2022 ini akan dikakukan selama 12 hari dengan melibatkan dengan fokus pengamanan sebanyak 101.700 objek di seluruh Indonesia, baik masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun kereta api hingga bandara.

Operasi ini melibatkan 144.392 personel pengamanan personel gabungan yang terdiri dari 87.880 personel Polri, 13.287 personel TNI serta 43.225 personel yang berasal dari instansi terkait, antara lain Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, Senkom dan instansi lainnya.

Kekuatan personel tersebut akan ditempatkan di 1.710 pos pengamanan dan 734 pos pelayanan serta 258 pos terpadu.

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: