Budaya  

6 Patung Penari Seka, Mulai Dipasang di Bundaran Petrosea

Timika, APN – 6 Patung berbahan kuningan mulai dipasang di Bundaran Jalan Cendrawasih (depan Petrosea). Pemasangan tersebut dilaksanakan, Senin (25/1).

Seniman sekaligus Pematung yang membuat 6 patung tersebut Purjito mengatakan bahan yang digunakan untuk pembuatan patung tersebut adalah kuningan, tetapi dilakukan pengecatan warna perunggu.

Lanjutnya menjelaskan tinggi patung yang dibuatnya sekitar 4 meter ketika lurus berdiri, tetapi berkurang sedikit karena dibentuk seperti sedang melakukan tarian.

Foto: Fachruddin Aji (6 patung penari Seka yang dipasang di bundaran Petrosea)

Karena (dibuat seperti) gerak, jadi berkurang (tingginya) sekitar 25 cm. Kemudian patungnya itu empat laki-laki, dua perempuan,” ungkapnya.

Ditanya terkait dengan inspirasi, seniman asal Yogyakarta tersebut mengatakan dirinya hanya mengikuti sesuai dengan permintaan yang diajukan.

Saya ngikuti aja apa yang diinginkan, kemarin permintaannya patungnya menggambarkan seni tari Seka. Saya juga riset datanya seluruhnya dari internet,” terangnya.

Ia menambahkan pengerjaan patung tersebut seluruhnya dilaksanakan di Yogya, dalam pengerjaannya sendiri, Purjito mengaku dibantu oleh empat seniman lain, dan tim.

Kami (dirinya dan tim) diminta mengerjakan 6 patung itu hanya dua bulan. Sehingga pengerjaannya dilakukan estafet, contohnya kita buat maket dulu, maket belum 100 persen, kita sudah bikin rangka, jadi ada beberapa divisi,” ucapnya.

Terkait dengan transportasi, Purjito mengatakan seluruh patung diangkut melalui angkutan laut (kapal) dan nantinya setelah dipasang, Ia akan melakukan sedikit perawatan terhadap patung-patung tersebut, karena ditakutkan terjadi lecet pada cat dan kerusakan kecil lainnya.

Paling tidak satu minggu saya lakukan perawatan itu sebelum kembali ke Yogya,” ungkapnya. (Aji-cr01)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: