50 Aparat Kampung di Mimika Diberi Sosialisasi Pencegahan Korupsi oleh Jaksa

Kajari Mimika berfoto bersama dengan peserta sosialisasi pencegahan tindak pidana korupsi di Hotel Grand Tembaga, Kamis (1/12/2022). (Foto: Wahyu/APN)

Timika, APN – Sebanyak 50 aparat kampung mengikuti sosialisasi terkait pencegahan terhadap tindak pidana korupsi yang digelar Kejaksaan Negeri (Kejari) Mimika di Grand Tembaga Hotel, Jl. Yos Soedarso, Mimika, Kamis (1/12/2022).

Kepala Kejaksaan Negeri Mimika, Sutrisno Margi Utomo menerangkan, sosialisasi ini lebih spesifik memberikan pemahaman serta edukasi kepada para kepala kampung beserta jajaran yang mengolah dana kampung agar tidak terjadi penyimpangan.

Hal ini juga sebagai upaya dini untuk melakukan pencegahan terhadap tindak pidana korupsi. Sosialisasi ini diketahui telah digelar sebanyak dua kali.

“Kami memberikan pemahaman agar para aparat kampung tidak melakukan perkara korupsi terhadap Dana Kampung sebagaimana perkara yang telah ada, itu merupakan contoh pembelajaran untuk para aparat kampung supaya memberdayakan dana kampung semaksimal dan sebaik mungkin,” ujar Kajari.

Selain giat sosialisasi, Kajari Mimika juga membuat perlombaan kepada peserta untuk memaparkan program yang dilakukan terkait pengelolaan Dana Kampung. Pemaparan program yang dimaksud seperti pengelolaan dana untuk pembangunan kampung yang bersifat transparan dan tidak bersifat fiktif seperti kasus-kasus yang telah lewat.

Kajari menerangkan, sosialisasi ini juga bertujuan untuk saling koordinasi penggunaan dan pertanggungjawaban Dana Desa atau anggaran kampung yang disalurkan negara untuk diserap demi kepentingan masyarakat.

“Tugas kejaksaan adalah upaya-upaya pendampingan ataupun pencegahan dan itu yang kita kedepankan kepada pemerintah daerah maupun semua aparat kampung ataupun yang berkaitan yang melanggar ketentuan hukum,” pungkasnya.

Kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh Pj Sekda Mimika, Petrus Yumte mewakili Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika.

Penulis: WahyuEditor: Sani

Tinggalkan Pesan Anda