fbpx

24 Tahun Mimika di Mata Wabup John Rettob

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, saat ditemui di Kantor Pusat Pemerintahan Kab.Mimika, Kamis (8/10)
Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, saat ditemui di Kantor Pusat Pemerintahan Kab.Mimika, Kamis (8/10)

Timika, antarpapuanews.com – Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob menilai Kabupaten Mimika sudah lebih berkembang dan akan terus berkembang di usianya yang kini menginjak 24 Tahun.

Saat ditemui di Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika , Kamis (8/10), John mengatakan Mimika saat ini sudah jauh berkembang dibandingkan 24 tahun lalu. Kemajuan tersebut tak akan terjadi tanpa adanya usaha baik dari Pemerintah Kabupaten maupun dukungan masyarakat.

Sebagai pelayan rakyat, John mengaku perubahan Mimika tergolong sangat cepat sebagai Kabupaten. Indikator perubahan atau perkembangan tersebut dapat dilihat dari jumlah penduduk.

“Menurut data Kementrian Dalam Negeri pada semester 1 tahun 2020 penduduk Mimika tercatat sebanyak 311.211 jiwa yang terbagi menjadi 167.671 jiwa Laki-laki dan 143.450 jiwa perempuan. Jumlah ini sudah sangat jauh berkembang dibandingkan dahulu yang hanya sekitar 40.000 ribu jiwa ujarnya.

Ia menambahkan selain sisi penduduk, adapun sisi ekonomi seperti perikanan dan kelautan yang menurutnya sudah membaik dan pihaknya saat ini berusaha lebih baik.

“Kuantias pendidikan pun sudah berubah, dahulu tidak ada Paud dan yang lainnya, kini kita sudah lengkap sampai dengan Perguruan tinggi. Selain itu dari transportasi juga sudah berkembang, jumlah banyaknya kendaraan pun setiap tahun meningkat sebesar 12-13 %,” paparnya.

Kendati demikian, meskipun terdapat beberapa contoh indikator bukti Mimika berkembang, adapun bidang pemeberdayaan masyarakat yang menurut John masih belum berkembang.

“Kalau dari Indikator yang kita lihat, secara umum kita berkembang, tetapi pemberdayaan kita masih kurang, pemkab belum banyak berbuat untuk masyarakat amugme dan kamoro, contohnya nelayan tradisional masih tradisional, peternak juga begitu,” jelasnya.

Ia menambahkan masih banyak yang harus dilakukan kedepan oleh Pemkab. Salah satunya adalah melakukan sinergitas antara RPJMD dengan pembangunan baik di provinsi maupun Nasional.

“Indikator kita membaik, kolaborsi antar Pemkab dan stakeholder harus selalu dilakukan untuk mewujudkan Mimika Lebih baik kedepan. Saya bersama dengan Bupati Mimika, serta seluruh jajaran Pemkab mengucapkan Dirgahayu Kab.Mimika ke 24. Mari Bersama membangun Mimika,” pungkasnya. (Eye)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: