fbpx

Dinas PU Lanjutkan Pembangunan Jalan Lingkar Luar

  • Share

Timika, APN – Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kembali akan melanjutkan pembangunan Jalan Lingkar luar.

Sekretaris Dinas PUPR Inosensius Yoga Pribadi mengatakan untuk kelanjutan pengerjaan jalan lingkar luar sudah ada perencanaan sebelumnya dan tinggal menunggu eksekusi.

“Pembangunan jalan lingkar luar kan masuk dalam prioritas pak Bupati, kendala kita tahun kemarin kan dana dialihkan ke PON, sehingga kita pasti akan lanjutkan sesuai pengerjaannya,” katanya saat ditemui wartawan diruang kerjanya, Kamis (13/1/2022).

Yoga menambahkan soal adanya jaringan sutet atau listrik yang kemungkinan akan menghambat pembangunan, sudah ada penyampaian kepada PT Freeport.

“Saya rasa pasti pimpinan sudah memberitahukan ke pihak Freeport dan tinggal menunggu eksekusinya yang kita belum tahu, apakah mereka mau pindahkan itu internalnya mereka (PTFI) karena Pemda sudah menyampaikan perencanaannya untuk membuat jalan lingkar luar, dan sudah masuk dalam master plan,” jelasnya.

Menurut Yoga untuk menyelesaikan program tersebut diperlukan kerjasama antar OPD dan stakeholder.

“Guna memperlancar pekerjaan maka dibutuhkan juga pihak swasta, OPD terkait dan lainnya. salah satu contoh yaitu untuk menertibkan pasar gorong-gorong yang termasuk dalam rencana pembangunan,”jelasnya.

Ia juga menjelaskan, manfaat dari pengerjaan jalan lingkar luar adalah untuk membuka akses ekonomi di Mimika dan tidak terpaku pada jalan yang sudah ada.

“Kalau bisa ada jalan alternatif lain dan beban jalan tidak tertumpuk pada jalan yang sama, tetapi kalau sudah ada lingkar luar maka bisa terbagi dan mengurangi beban jalan tersebut, jadi umur aspal itu bisa lebih lama,” tutupnya.

  • Share

Leave a Reply

%d bloggers like this: