fbpx

Bupati Mimika Minta Galian C Ditertibkan

  • Share
Ilustrasi

Timika, APN – Bupati Mimika Eltinus Omaleng meminta agar galian c di Mimika ditertibkan.

Bupati meminta hal tersebut karena menurutnya truk angkutan galian C menyebabkan cepat rusaknya aspal jalan, terutama yang berada di dekat jembatan selamat datang.

“Galian-galian C itu harus ditertibkan Dinas terkait harus menyelesaikan program itu,” katanya dalam apel gabungan, Senin (10/1/2022).

Menurut Eltinus akibat dari mobilitas angkutan galian C aspal baru yang telah dibangun dengan susah payah akan cepat rusak, selain itu juga membuat lingkungan Kabupaten Mimika kotor.

“Kotor sekali, kita sudah bikin aspal bagus,” katanya.

Bupati juga menekankan kepada Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk segera menertibkan, pasalnya anggaran khusus untuk melakukan hal tersebut.

Sementara itu ketika dikonfirmasi Kepala Satpol PP Mimika Paulus Dumais mengatakan tentang anggaran untuk penanggulangan yang dikatakan oleh Bupati masih dalam proses pembicaraan dengan instansi terkait lainnya.

“Jadi tentang penetapan anggaran untuk penanggulangan itu (galian C) hari ini yang pak Bupati bucara kita akan kumpul , berapa institusi kepolisian, BKO dari TNI untuk membantu kita, karena selama ini kita jalan sering kita diancam, kita sudah jalan dengan kekuatan yang ada ternyata kita tidak mampu, sebab dibalik itu masih ada kekuatan lain yang memback up (mendukung),” paparnya.

Paulus mengaku beberapa kali timnya pergi untuk menutup lokasi tersebut namun malah diancam oleh masyarakat yang berjaga.

“Jadi kita berusaha dalam tahun ini tidak boleh ada lagi, tim pergi malah diancam dan dikejar denan panah seperti di selamat datang itu,” ujarnya.

Menurut Paulus ada empat sampai namun berkembang menjadi tujuh titik galian C yang ada di Kabupaten Mimika.

“Hari ini kita akan bicarakan untuk itu (penertiban) karena untuk melaksanakan kegiatan dengan SK bupati itu ada kita pertemuan dengan dinas terkait dengan kepolisian dengan TNI, saya sebagai penanggungjawab nanti setelah SK bupati keluar baru kita jalan. Tapi hari ini dari institusi sendiri kita akan bicarakan untjk mereka atasi dulu sambil kita menunggu tim yang lengkap,” tutupnya.

  • Share

Leave a Reply

%d bloggers like this: