fbpx

Wacana Merdeka Belajar Dinas Pendidikan Mimika

  • Share

Timika, APN – Dinas Pendidikan  wacanakan Guru Abad – 21 atau merdeka belajar dengan mulainya pembelajaran di sekolah – sekolah penggerak.

Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika, Mantho Ginting mengatakan yang istilah Guru Abad 21 ini sudah digalakan oleh Pemerintah dengan sebutan lain yakni “Merdeka belajar” yang di dalamnya terdapat salahsatu program yang harus terpenuhi yakni guru penggerak.

“Nanti Guru itu betul – betul menerapkan merdeka belajar kepada Siswa, itu yang disebut dengan Guru Abad 21 atau bisa dikatakan bahwa Guru Abad 21 ini dilihat dari kinerjnya.  Jadi tugas guru Abad 21 ini mengikuti apa yang siswa mau, untuk menggali kompetensi siswa apa yang mereka mau dan mampu,” ungkap Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika, Mantho Ginting, ketika dihubungi APN melalui via telepon, Sabtu (08/01/2021) siang.

Ia mengambil contoh, misalnya salahsatu siswa mau menjadi dokter sehingga apapun yang berkaitan atau mendukung cita-cita anak tersebut harus ditingkatkan oleh guru dan orang tua.

Kemudian, tugas siswa Kata Mantho, setiap tahun itu siswa harus melaksanakan tugas proyek  atau semacam karya tulis.

“Tugas gurunya bukan satu mata pelajaran saja, tetapi semua mata pelajaraan yang akan terapkan kepada siswa. Syarat Guru abad – 21 dan sekolah penggerak itu sudah ditetapkan kemarin. Cuman kemarin masih fokus untuk belajar tatap muka, sehingga tahun ini kami mulai bergerak,” ucapnya.

Mantho Ginting menjelaskan jam belajar sekolah penggerak akan dioptimalkan, kemudian ditambahkan pembelajaran informatika.

“Sekolah-sekolah penggerak ini, akan dimulai dari sekolah swasta sementara  untuk sekolah negeri belum ada, makanya tahun ini, kita mau dorong lagi, karena bagaimana kita mau sekolah, kalau pembelajaran tatap muka juga tidak berjalan.

Ia menambahkan sekolah penggerak sama  dengan sekolah unggulan, sehingga guru dituntut harus proaktif, sekolah penggerak akan dijadikan sebagai contoh bagi  sekolah lain.

“Kemudian, hari senin nanti kami akan cek lagi, tapi hanya sekolah swasta kalau negeri tidak terdaftar. Dan seleksi untuk masuk dalam sekolah penggerak ini dari pusat langsung sehingga mana yang lolos nanti baru kami tahu pastinya,” tutupnya. (Anis)

  • Share

Leave a Reply

%d bloggers like this: