fbpx

Tiba Di Timika Bersama Ibu, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Lakukan Dua Agenda

  • Share

Timika, APN – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bersama Ketua Umum Dharma Pertiwi, Ny. Hetty Andika Perkasa tiba di Kabupaten Mimika, Papua. Rabu, (22/12/2021).

Dalam kunjungan tersebut, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Ketua Umum Dharma Pertiwi, Ny. Hetty Andika Perkasa masing-masing menjalani rangkaian kegiatan yang berbeda.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dalam tujuan kunjungan kerjanya menjalani dua agenda penting, yakni bertemu dengan para pimpinan satuan-satuan TNI yang bertugas di Timika dan bertemu Direksi PT Freeport Indonesia. Sementara Ketua Umum Dharma Pertiwi, Ny. Diah Hendrati Perkasa melakukan kunjungan ke Yayasan Cinta Bella.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dalam dua agenda penting tersebut bertujuan untuk menjaring aspirasi. Hal tersebut disampaikannya saat jumpa pers bersama awak media pada Rabu sore, pukul 17.00 WIT.

“Agenda saya ada dua, yang pertama saya ingin ketemu dengan para pimpinan satuan-satuan TNI yang melaksanakan tugas pengamanan objek vital. Karena saya perlu tahu kondisinya, apakah ada perbaikan yang harus kami lakukan, kesulitan-kesulitan dan seterusnya. Itu agenda pertama dan sudah kita lakukan. Kemudian yang kedua bertemu dengan direksi PT Freeport Indonesia dalam rangka mendengarkan masukan dari mereka, apa yang perlu diperbaiki yang berhubungan dengan tugas-tugas TNI dalam pengamanan objek vital ini,” katanya.

Andika melanjutkan kunjungan yang dilakukan juga dalam rangka melakukan tugas selerti di daerah-daerah lainnya.

“Kita melakukan tugas-tugas yang juga dilakukan di daerah-daerah lain di luar Papua. Yaitu tugas-tugas normal, jadi kalau di luar ada satuan teritorial, satuan pendidikan dan ada satuan tempur, disini juga sudah tergelar sebenarnya sehingga pasukan yang namanya satuan tugas itu yang kemudian kita alihkan,” ungkapnya.

Pengalihan satuan yang dilakukan bertujuan untuk melaksanakan tugas-tugas satuan organik, khususnya teritorial.

“Jadi yang angkatan darat yang tadinya tugasnya macam-macam, tugasnya sekarang hanya satu, mereka melakukan tugas-tugas Kodim dan tugas-tugas Koramil. Yang dari Angkatan Laut juga begitu, mereka melakukan tugas-tugas pangkalan Angkatan Laut maupun Pos Angkatan Laut,” jelasnya.

Ditanya soal situasi Kamtibmas di Papua khususnya Mimika Andika hanya menyampaikan agar masyarakat bekerja dan menyerahkan perihal keamanaan atau penegakkan hukum kepada yang memiliki kewenangan.

“Situasi keamanan gimana ya kita ikuti saja, kita berusaha untuk bekerja normal saja. Intinya semua yang sifatnya misalnya perlu penegakkan hukum ya kita akan selalu berusaha untuk bekerja sama dengan mereka-mereka yang punya kewenangan penegakkan hukum. Kalau penyidik ya polisi, kalau nanti penuntutan atau nanti penyidik dalam tindak pidana tertentu itu adalah Kejaksaan dan pengadilan,” tutupnya. (Wahyu)

  • Share

Leave a Reply

%d bloggers like this: