fbpx

Mimika Ekspor Perdana Udang Melalui Laut

  • Share
Assisten III setda Mimika Hendriette Tandiono saat melakukan Pemotongan pita tanda ekspor perdana komoditi perikanan Mimika ke Jepang

Timika, APN – Kabupaten Mimika memulai langkahnya dalam ekspor udang melalui laut ke mancanegara.

Pengusaha asal Mimika yang juga pimpinan PT. Bartuh Langgeng Abadi Sulaksono mengatakan jenis hasil laut yang diekspor oleh pihaknya adalah udang dengan tujuan Jepang.

“Tujuannya Jepang kemudian yang kami kirim itu udang jenis Tiger dan Banana,” katanya saat ditemui wartawan disela kegiatan yang dilaksanakan di Pelabuhan Poumako, Mimika, Rabu (8/12/2021).

Sulaksono melanjutkan jumlah udang yang diekspor ke Jepang sebanyak 9,8 ton melalui kargo Spil.

“Sampai di Jepang kira-kira 12 Januari 2022 mendatang, karena nanti transit dulu di Surabaya, kemudian Hong Kong,” ungkapnya.

Ditanya soal kemungkinan penurunan kualitas akibat lamanya pengiriman, Sulaksono mengatakan hal tersebut tidak akan terjadi, pasalnya udang dikirim dalam bentuk beku sehingga kualitas tetap terjaga.

Sulaksono menambahkan udang yang diekspor olehnya adalah hasil nelayan lokal yang dikumpulkan.

Kendati demikian jumlah ekspor tersebut menurut Sulaksono masih terbilang kecil karena keterbatasan peralatan yang digunakan oleh masyarakat lokal.

“untuk mendapatkan hasil yang lebih banyak sangat tidak memungkinkan. Dalam sehari hasil yang kita kumpulkan dari masyarakat lokal hanya berkisar 1 ton, sedangkan kapasitas produksi kami dalam sehari sebesar 2,4 Ton, tapi kita akan membantu masyarakat untuk bisa menghasilkan hasil tangkap yang lebih banyak, dengan menyediakan sarana dan prasarana tangkap yang lebih bagus,” ungkapnya.

Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Timika, Wahyu Mulyono mengungkapkan bea cukai Mimika berkomitmen untuk menjalankan dan mendorong program pemberdayaan masyarakat, terutama ekspor non tambang salah satunya adalah bidang perikanan.

Wahyu bahkan menyebut selain sektor perikanan, Mimika memiliki banyak potensi unggulan yang bisa di ekspor hingga mancanegara.

“Bea cukai bersama jajaran terkait telah mendorong hasil ekspor semua melalui moda transportasi udara, dan hari ini prestasi yang membanggakan karena telah berhasil mendorong ekspor melalui moda transportasi laut,” jelasnya

Ia berharap dengan adanya ekspor terus menerus sektor hasil laut di Mimika dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat lokal.

Mewakili Bupati Mimika Eltinus Omaleng, Assisten III Setda Mimika Hendriette Tandiono mengatakan pemerintah daerah mengapresiasi keberhasilan Dinas Perikanan dalam komoditi perikanan yang telah bekerjasama dengan pihak terkait, sehingga sektor perikanan di Mimika dapat tumbuh hingga bisa melakukan ekspor

Hendriette menyebut perikanan di Mimika memiliki potensi besar, namun masih belum dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat setempat, namun Kabupaten Mimika berhasil melakukan ekspor selama empat tahun belakangan, berupa kepiting melalui udara. (Aji)

Writer: Aji
  • Share

Leave a Reply

%d bloggers like this: