fbpx

Jelang Nataru, TNI – POLRI Gelar Apel Gabungan

  • Share

Timika, APN – Ratusan anggota TNI dan POLRI melaksanakan Apel Siaga jelang Perayaan Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di Unit Pelayanan Polres Mimika, Jl. Cenderawasih. Selasa, (30/11/2021).

Apel tersebut dipimpin oleh Wakapolres Mimika Kompol. Sarraju bersama Kasdim 17 Mimika, Mayor, Infanteri, Ahmadi Arif dan diikuti seluruh personil TNI – POLRI.

Wakapolres Mimika, Kompol. Sarraju saat memberikan arahan mengatakan, jelang Natal dan Tahun Baru akan ada kegiatan masyarakat yang meningkat, maka sebagai aparat keamanan yang berada di wilayah Kabupaten Mimika memiliki tanggung jawab dalam memastikan seluruh kegiatan masyarakat berjalan aman dan lancar.

Hal tersebut bertujuan untuk mencegah gangguan-gangguan yang nantinya akan memberikan rasa ketakutan terhadap masyarakat, bahkan secara prinsip dikatakan dalam situasi tidak aman.

“Jelang perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, akan ada dinamika maupun kegiatan masyarakat yang meningkat. Ini berhubungan dengan rata-rata di Papua sebagian besar warga masyarakat mengantuk agama Kristen sehingga akan ada peningkatan kegiatan masyarakat. Baik dalam merencanakan, mempersiapkan maupun kemudianenyambut hari baik Natal dan Tahun Baru. Kita sebagai aparat keamanan yang berada di wilayah kabupaten Mimika memiliki tanggung jawab untuk memastikan seluruh aktivitas masyarakat berjalan aman dan lancar,” katanya.

Ia juga menyampaikan dalam perayaan Natal dan Tahun Baru, ada sebagian masyarakat yang melakukan hal-hal baik sesuai norma-norma dan bermanfaat, namun kemungkinan ada juga yang akan melakukan hal-hal yang berpotensi mengganggu ketertiban, melanggar hukum bahkan dapat memberikan dampak terhadap kelancaran aktivitas di berbagai aspek.

“Inilah yang perlu kita lakukan untuk memastikan tahun ini sampai tutup tahun, situasi secara umum dapat dikatakan tetap terpelihara, terjaga dan meningkat, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap apartaur keamanan yang ada di Mimika terus meningkat dari tahun ke tahun, hal ini perlu kita lakukan untuk menunjukkan kepada warga masyarakat di Kabupaten Mimika, khususnya di wilayah kota bahwa aparat keamanan setiap saat memiliki kesiapsiagaan untuk siap membuat masyarakat merasa aman dan nyaman dalam beraktivitas.” tegasnya.

Pada kesempatan, Kasdam 17 Mimika, Mayor Infanteri, Ahmadi Arif mengatakan, pihak TNI siap menggandeng POLRI untuk untuk melakukan pengamanan demi terciptanya situasi di Kabupaten Mimika yang aman dan kondusif dalam menyongsong Perayaan Natal dan Tahun Baru.

Ia menambahkan, sebelumnya pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional XX Papua 2020, Pelaksanaan Pesparawi Ke-XIII Setanah Papua dan Konferensi Sinode Kingmi, TNI – POLRI telah banyak berkontribusi dalam menjamin keamanan dan kenyamanan demi kelancaran tiga event besar tersebut. Maka jelang Nataru, ia berharap seluruh aparat dapat membuktikan kepada masyarakat bahwa TNI – POLRI mampu menciptakan situasi yang kondusif.

Sementara itu, jumlah personil yang tergabung dalam tim Kesiapsiagaan jelang Nataru tersebut berjumlah sekitar 530 personil yang dijadwalkan akan melakukan pengamanan dengan berpatroli serta melakukan razia mulai sore hari ini, (30/11) sampai seterusnya.

Usai melakukan Apel Kesiapsiagaan, seluruh personel TNI – POLRI kemudian diberikan tugas dan melakukan patroli di beberapa titik. Yakni melakukan patroli bersama mengelilingi seluruh wilayah Kabupaten Mimika.

Sementara kegiatan inti akan dilaksanakan malam ini. Seluruh personil akan dibagi dua regu dan direncanakan akan melaksanakan apel pada pukul, 09.00 WIT. Regu pertama akan melakukan pengamanan hingga pukul, 08.00 Pagi WIT. Sementara regu kedua akan melakukan pengamanan mulai pukul, 08.00 sampai pukul, 17.00 WIT.

Jenis pengamanan yang dilakukan diantaranya melakukan razia miras, senjata tajam serta hal-hal yang berpotensi mengganggu ketertiban masyarakat. (Wahyu)

  • Share

Leave a Reply

%d bloggers like this: