fbpx

Dinas Permukiman Gelar Seminar Akhir Pemetaan Wilayah Mimika Timur

  • Share

Timika, APN – Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan  Pertanahan Kabupaten Mimika menggelar seminar akhir pemetaan Drone UAV kawasan pemukiman kumuh di wilayah Mimika Timur.

Kegiatan tersebut  berlangsung di hotel Noken Jalan Cendrawasih, Selasa(30/11) dan dibuka oleh Syahrial selaku Asisten II Setda Mimika serta dihadiri oleh beberapa perwakilan Organisasi Perangkat Daerah(OPD) terkait serta Tim konsultan dari PT  Media Spasial Konsultan.

Syahrial Asisten II Setda Mimika mengatakan sebelumnya sudah melakukan seminar pendahuluan atau awal tentang pelaksanaan pada  pemetaan Drone dibawah 10 hektar.

“Dan hari ini kita mendengar hasil akhirnya.  mudah-mudahan bisa mencerminkan apa yang sesuai kita harapkan dengan memotret kawasan pemukiman yang ada dikawasan Mimika timur,” katanya.

Pemetaan tersebut dilakukan untuk memberikan  kawasan pemukiman yang layak bagi masyarakat Kabupaten Mimika.

Selain itu agar kedepan apabila dinas terkait bisa melakukan penataan wilayah dapat sesuai dengan tata ruang, sehingga  pemukiman yang akan dibangun lebih sehat dan bersih bagi masyarakat.

Pemetaan juga akan digunakan sebagai dasar acuan dalam pembangunan yang akan dilakuan oleh Dinas terkait.

Sementara itu, Konsultan dari PT Media Spasial Konsultan mengatakan kegiatan tersebut merupakan hasil dari tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya.

“Untuk hasil rekomendasi ini akan menjadi dasar untuk pemerintah daerah dalam merumuskan kegiatan-kegiatan lanjutan,” katanya.

Berdasarkan undang -undang nomor 23 tahun 2004, pemetaan diatas 10 hektar sudah menjadi wewenang provinsi, diatas 15 hektar merupakan wewenang pusat sedangkan wewenang pemerintah Kabupaten hanya dibawah 10 hektar.

“dari hasil pertimbangan kriteria dan gagasan hukum yang ada, kita memilih kampung Mware sekitar 7,27 hektar  dan juga Poumako sekitar 2,57 hektar,” katanya.

Alasan kampung tersebut dipilih karena jumlah banyak penduduk dan pemukiman berdasarkan hasil pemetaan sudah memenuhi kriteria kumuh.

Sehingga total luas wilayah pemetaan sebesar 9, 80 hektar dengan kriteria kumuh berat. (Aji)

  • Share

Leave a Reply

%d bloggers like this: