fbpx

Pengurus Inti DPW GMDM Dilantik

  • Share
Foto bersama anggota Gerakan Mencegah Daripada Mengobati (GMDM) DPW Mimika

Timika, APN – Gerakan Mencegah Daripada Mengobati (GMDM) DPW Mimika menggelar kegiatan Pelantikan Pengurus GMDM DPW Mimika Masa Bhakti 2021-2024, di Hotel Grand Tembaga, Jl. Yossudarso, Mimika, Papua. Senin, (29/11/2021).

Kegiatan tersebut dilakukan dengan mengusung tema, “Mimika Bersinar Menuju Indonesia Bersinar” dan dihadiri oleh pemerintah daerah Kabupaten Mimika yang diwakili Oleh Kabag Kesbangpol Kabupaten Mimika, Kapolres Mimika yang diwakili oleh Kasat Reskrim Narkoba Polres Mimika dan Sekertaris Jendral DPP GMDM Pusat. Dalam sesi sambutan, Ketua DPP GMDM Pusat, Jefri Tambayong juga turut memberikan sambutan secara virtual.

Kehadiran GMDM di Mimika memberikan warna baru dan menjadi pelebaran sayap pertama GMDM yang didirikan di seluruh wilayah Papua, sekaligus diharapkan dapat menjadi mitra bagi pemerintah daerah dan juga berbagai instansi terkait guna mengatasi lanjunya edaran narkoba di Kabupaten Mimika, demi menyelamatkan generasi muda Indonesia khususnya di wilayah Kabupaten Mimika.

Sekertaris jendral DPP GMDM Pusat, Fernando Sihombing mengatakan, mengingat Indonesia kini berada pada urutan kedua setelah Australia dari sederetan Negara dengan jumlah kasus Narkoba terbanyak di dunia, maka sudah saatnya Indonesia berperang melawan Narkoba.

Ia menjelaskan, berperang melawan Narkoba bukan berarti perang dengan mengangkat senjata, akan tetapi dengan upaya mensosialisasikan dan melakukan pencegahan-pencegahan untuk kesehatan generasi Indonesia umumnya dan generasi muda Kabupaten Mimika khususnya. Dengan harapan, generasi muda Kabupaten Mimika dapat menjadi generasi yang bersinar.

“Kita patut bersyukur bahwa, masih ada rekan-rekan yang mau bergerak untuk Mimika untuk bersama-sama memerangi Narkoba. Ini menjadi satu PR bersama, apalagi Presiden kita sudah menyatakan bahwa ini bukan lagi gawat Narkoba melainkan perang melawan Narkoba. Perang terhadap narkoba ini bukan berarti kita perang angkat senjata, kita harus menyelamatkan generasi. Kita harap generasi muda di Mimika ini bisa menjadi generasi emas yang bersinar.” Ungkap Fernando kepada antarpapuanews.com saat ditemui usai kegiatan.

Fernando menambahkan, untuk mewujudkan hal tersebut GMDM tidak bisa berjalan satu kaki, GMDM tentu harus bekerja sama dengan berbagai stekholder yang ada. Baik pemerintah maupun lembaga-lembaga lainnya.

“Kita ngga bisa kerja sendiri, kita harus bekerja sama dengan seluruh stekholder yang ada. Oleh karena itu, saya selaku sekertaris jendral mengajak seluruh stekholder yang ada, baik Forkopimda, Bupati dan Juga kepala BNN dan Kapolres, Dandim dan seluruhnya untuk bisa bekerja membantu kami agar kami bisa melakukan peran mengatasi Narkoba.” Tambah Fernando.

Kasus kematian terhadap narkoba sendiri dalam satu hari dijelaskannya, mencapai 50-70 orang, maka diperkirakan dalam satu tahun bisa mencapai 12 ribu sampai 15 ribu korban jiwa. Narkoba dikatakannya tidak hanya tersebar di kalangan muda saja, tetapi juga di kalangan dewasa.

Sementara itu, Ketua DPW GMDM Mimika terpilih, Donald Putra Adisutanto saat ditemui mengatakan, usai dilantik, dalam jangka waktu 1 sampai 3 Minggu kedepan, seluruh pengurus akan melakukan rapat kerja guna membahas hal-hal yang berkaitan dengan proker DPW GMDM Mimika kedepan.

Selain itu, DPW GMDM Mimika maupun GMDM di seluruh Indonesia sejatinya tidak hanya berperan dalam mengatasi Narkoba, namun juga berperan melawan Miras, Lem Aibon, HIV/AIDS dan lain-lain yang telah diatur melalui institusi wajib lapor dalam program rehabilitasi GMDM. Selain mencegah,

“Nanti setelah dilantik tadi satu sampai tiga Minggu kedeoan kita akan adakan rapat untuk perencanaan program kerja kedepan.” Kata Donald.

Dari kegiatan itu, seluruh pengurus inti dan anggota yang dilantik yakni Ketua, Sekertaris, Bendahara dan empat Bidang serta 14 belas orang yang masuk dalam anggota biasa, siap mewakafkan hidup untuk mengabdi kepada negara dan siap menjadi garda terdepan yang nantinya akan bekerja sama dengan berbagai stekholder dan lembaga-lembaga lainnya dalam membasmi penyebaran narkoba di Kabupaten Mimika. (Wahyu)

  • Share

Leave a Reply

%d bloggers like this: