fbpx

Liga 3 Zona Papua Resmi Bergulir, Hanya 9 Tim Lolos Administrasi

  • Share
ilustrasi

Timika, APN – Kompetisi Liga 3 Zona Papua akhirnya hanya diikuti oleh 9 klub dari 14 klub yang mendaftar. Sebanyak 5 klub di antaranya dinyatakan gugur karena tidak memenuhi persyaratan administrasi.

Menurut keterangan pers yang diterima antarpapuanews.com, hasil tersebut diputuskan Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Papua dan panitia penyelenggara melalui technical meeting yang digelar Kamis (25/11/2021).

Wakil ketua Asporv PSSI Papua, Rocky Bebena dalam sambutannya menyampaikan kick off akan dilaksanakan esok (hari ini) di Lapangan  Barnabas Youwe.

“Kalau ikut kompetisi kita siap memang dan siap kalah. Kita harus Fair apapun hasil yang didapatkan saat pertandingan berlangsung, pertandingan besok hanya satu pertandingan saja dan itun berlangsung di stadion bernabas Yauwe Sentani kick off pukul 15.00 WIT,” ungkapnya.

Ia menegaskan, semua tim harus hadir dicara pembukaan. Sementara untuk ijin kepihak keamanan sudah  sampaikan.

“Kalau kita bisa sukses multi iven sekelas PON saya pikir liga 3 ini bisa lebih sukses untuk bergulir,” tegasnya.

Ia menyebutkan, pemain yang sudah disahkan yang boleh dimainkan, sementara yang tidak sah tidak boleh bermain.

“Kalau hal itu (memainkan pemain yang tidak sah) maka resiko akan ditanggung oleh tim yang bersangkutan.

Lanjutnya, kompetisi tahun 2021 berjalan atas kerjasama antara Polri dan PSSI. Ia pun mengklaim jika kompetisi aman dari praktik pengaturan skor, karena ada satgas antimafia bola.

“Mereka (satgas antimafia bola) akan memantau semua pertandingan, itu yang ditegaskan oleh perwakilan Polda Papua dan itu menjadi komitmen bersama,” Imbuhnya.

Sembilan klub yang sudah dipastikan akan berlaga di Liga 3 Zona Papua yakni Elang Brimob, Mamberamo United, Persigubin, Persimi Sarmi, Persitoli Tolikara, Persemi Mimika, Dogiyai FC, Persiker Keerom dan Persimer Merauke.

Sementara 5 klub yang dinyatakan gugur yakni Persidafon Dafonsoro, Sarmi FC, Persilanny, PS Embun Supiori, dan Persemar Mamberamo Raya.

“Kompetisi Liga 3 Papua yang terdaftar itu awalnya ada 14 tim. Namun yang siap mengikuti Liga 3 itu hanya 9 klub. Yang gugur atau tidak lolos itu ada 5 klub karena tidak memenuhi syarat administrasi, sehingga mereka dinyatakan gugur,”  kata Ketua Panpel yang juga anggota Exco PSSI Papua, Malhai Mabel usai Technical Meeting.

Ia menjelaskan, klub yang juara di Liga 3 Zona Papua berhak mewakili Papua di tingkat nasional. Namun mereka akan mengupayakan agar Papua bisa mendapatkan jatah dua wakil.

“Yang juara akan mewakili Papua di tingkat nasional, tapi akan diupayakan agar dua tim yang akan dikirim ke nasional, kita tawarkan dua wakil,” ujarnya.

Liga 3 Zona Papua akan digelar mulai 26 November hingga 20 Desember dan akan diselenggarakan di dua Stadion yakni Barnabas Youwe Sentani dan Stadion Mandala Jayapura.

Liga 3 Zona Papua akan dibuka secara resmi pada Jumat (hari ini) dengan mempertandingkan partai pembuka antara Elang Brimob kontra Mamberamo United di Stadion Barnabas Youwe. (Anis/***)

  • Share

Leave a Reply

%d bloggers like this: