fbpx

Dinas Perpustakaan Mimika Gelar Workshop Mendongeng “Cerita Rakyat”

  • Share

Timika, APN – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Mimika menggelar workshop “cerita rakyat” bagi guru-guru Sekolah Dasar di Kabupaten Mimika.

Suasana kegiatan workshop dongeng

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Mimika Jacob Toisuta mengatakan kegiatan dilakukan karena tidak diselenggarakannya perlombaan cerita rakyat yang dilaksanakan setiap tahun di Mimika.

“Jadi kami gantikan perlombaan yang tiap tahun itu dengan workshop, karena kami tidak gelar tahun ini, sehingga biar guru-guru ini persiapan untuk perlombaan tahun depan,” katanya.

Ia menambahkan workshop “Cerita Rakyat” dilaksanakan juga untuk mendukung kegiatan perlombaan tingkat nasional yang diadakan setiap tahun.

“Perlombaan cerita rakyat ini kan ada lombanya mulai tingkat Kabupaten, Provinsi hingga Nasional, dua tahun ini kita tidak ikut karena covid,” ucapnya.

Yacob menambahkan dalam workshop diberikan materi tentang aturan dan mekanisme perlombaan cerita rakyat.

“Jadi guru-guru biar tahu apa yang bisa dilakukan apa yang tidak,” ujarnya.

Menurut Yacob cerita rakyat berpengaruh besar terhadap budaya literasi bagi anak-anak. Sebab anak-anak disuguhkan dengan beragam cerita yang menarik untuk dibaca, selain itu dari segi pendidikan, didalam cerita rakyat, penuh akan pendidikan karakter yang baik bagi anak-anak.

“Pendidikan karakter ini begitu penting bagi anak-anak sebab jika sudah dewasa sulit pendidikan ini diberikan, jadi belajar atau membaca dongen serta cerita rakyat ini penuh dengan nilai pendidika karakter yang harus kita tanamkan sejak dini,” paparnya.

Sementara itu, mewakili Bupati Mimika Eltinus Omaleng, Assisten III Setda Mimika Hendriette Tandiono dalam sambutannya mengatakan kebudayaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sangatlah penting karena berhubungan dengan karakter bangsa juga daerah yang harus dijaga, termasuk cerita rakyat yang merupakan bagian dari kebudayaan.

“Workshop ini penting artinya bagi kami Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika untuk ikut mejaga budaya bangsa secara khusus Papua yang dilaksanakan di sekolah-sekolah,” tutupnya. (Aji)

  • Share

Leave a Reply

%d bloggers like this: