fbpx

Basket Putra Sulut Comeback Lawan Bali

  • Share

Timika, APN – Tim Basket Putra Sulawesi Utara (Sulut) berhasil menang melawan Bali pada pertandingan basket 5X5 di GOR MSC, Selasa (5/10).

Pada babak penyisihan di Pool B, Sulut sempat tertinggal di quarter pertama dengan mengumpulkan 17 point’ dan Bali 21 poin. Namun pada quarter selanjutnya, Sulut berhasil membalikkan keadaan.

Tim basket putra Sulut berdoa bersama usai mengalahkan tim basket putra Bali pada pertandingan 5×5 babak penyisihan pool B, Selasa (5/10). Foto: Sitha/humasPPM

Babak penyisihan di Pool B menyisahkan pertandingan Sulut bertemu Papua dan
Bali melawan Jawa Timur, Rabu (5/10).

Pelatih Sulut, Roland R Y Lengkong mengakui keberhasilan melawan Bali karena mental anak-anak sudah terbentuk pada Pra PON.

Bali pernah dikalahkan pada Pra PON setidaknya menjadi “guru” yang sangat berharga sehingga ketika bertemu lagi di PON, pola permainan sudah diketahui.

“Anak-anak mentalnya sudah terbentuk dari pertandingan sebelumnya sehingga kita all out. Kita punya modal dari keyakinan kita bahwa game ini harus kita ambil, pasti kita bisa,” jelasnya.

Dengan hasil pertandingan yang maksimal ini, diakuinya karena defense di quarter ketiga sangat baik.

Sementara untuk medali emas ia mengungkapkan telah menyerahkan sepenuhnya pada penyelenggaraan Ilahi.

“Kita serahkan ke Tuhan Yesus. Kita tidak muluk-muluk harus ke final,” jelasnya.

Roland mengatakan timnya datang dari sebuah titik dan tidak dianggap oleh orang. Perjuangan dirintis dari nol dan ibarat naik tangga tidak langsung ke tangga tiga. Dengan mental anak-anak demikian ia yakin timnya bisa menampilkan yang lebih baik lagi.

Pemain Sulut bernomor punggung 8, Greans Chandra Bartes Tangkulung sangat bersyukur bisa menang melawan Bali. Semua ini, kata dia, bisa terjadi karena adanya campur tangan Tuhan Yesus.

“Tim Sulut bisa karena Yesus Kristus, pasti jadi motivasi untuk di babak berikutnya. Defense kita harus perbaiki pada pertandingan melawan Papua,” ungkapnya.

Sementara pelatih Bali, I Gusti Ngurah Wijaya mengakui kehebatan tim Sulut. Sempat memimpin di quarter pertama, ternyata tidak bisa dipertahankan pada tiga quarter berikutnya.

Pertandingan basket putra Bali melawan Sulut berlangsung seru. Ribuan penonton memadati GOR MSC.

Sempat tertinggal di quarter pertama, pada quarter ke dua Bali yang tertinggal 37 point’ dan Sulut memimpin 41point. Quarter ketiga, Bali kembali tertinggal dengan 41 point’ dan Sulut 72 point’. Sulut membuktikan dirinya tim kuat di quarter ke empat dengan point’ akhir 86-56.

Yang menarik dari pertandingan Bali melawan Sulut adalah kehadiran para tamu VVIP yakni Gubernur Papua, Lukas Enembe SIP MH, Bupati Mimika Eltinus Omaleng SE MH, Ketua Harian PB PON Yunus Wonda, Bupati Puncak, Willem Wandik dan Bupati Intan Jaya, Natalis Tabuni serta pejabat Pemprov Papua lainnya. (Anis/***)

  • Share

Leave a Reply

%d bloggers like this: