fbpx

Peringati Hari Tani Nasional, Distanbun Tanam Padi dan Panen Cabai

  • Share
Kepala Distanbun dan KTNA Mimika, (dari kanan ke kiri) Alice Wanma, Rakam Suntoro saat menanam tomat di hamparan Kelompok Tani Harapan Indah, Kelurahan Pasar Sentral, Mimika, Kamis (24/9)

Timika, antarpapuanews.com – Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Mimika memperingati hari Tani Nasional yang jatuh pada 24 September 2020, dengan menanam padi bersama dan memanen cabai.

Kegiatan menanam padi dilaksanakan di lahan seluas 2 hektare yang terletak di Satuan Pemukiman (SP) 7, Kampung Mulia Kencana. Sedangkan panen cabai dilaksanakan di lahan pertanian milik kelompok tani Harapan Indah yang terletak di kelurahan Pasar Sentral, Kamis (24/9).

Kepala Distanbun Mimika, Alice Irene Wanma mengatakan peran petani sangatlah vital di masa pandemi ini bahkan sebelumnya. Menurutnya, petani merupakan penyedia pangan terbesar dan jika tidak ada petani, maka masyarakat sebagai konsumen pun akan sangat kesulitan

“Kalau tidak ada petani, kita mau makan apa?,” ujarnya.

Alice mengimbau kepada petani untuk selalu melakukan inovasi dalam pertanian maupun perkebunan. Sehingga dapat tercipta produk tani lokal yang baik serta memiliki kualitas yang unggul.

Ia juga memotivasi para petani agar selalu termotivasi dalam menghasilkan produk pertanian ataupun perkebunan yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Seperti halnya kelompok tani Harapan Indah yang menanam cabai.

Alice mengatakan ditengah pandemi ini harapan besar berada di pundak para petani karena kebutuhan pangan sangat dibutuhkan oleh masyarakat terutama untuk memenuhi kebutuhan gizi untuk mencegah covid-19.

“Dalam usaha mendukung para petani, kami berusaha memberikan bantuan kepada petani yakni berupa bibit, pupuk, pestisida dan alat pertanian sehingga produksi bisa naik,” paparnya.

Kegiatan tersebut di hadiri pula Ketua Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Mimika, Rakam Suntoro. Rakam juga menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Mimika yang peduli dengan petani serta berkeinginan untuk memajukan pertanian di Kabupaten Mimika.

“Saya mengapresiasi sebesar-besarnya kepada pemerintah daerah karena sangat mendukung pertanian terutama di Mimika ini,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, Ketua Kelompok Tani Harapan Indah Hendra menyampaikan terima kasih kepada pemkab karena mendukung penuh para petani. Kendati demikian, pihaknya juga meminta bantuan kepada pemkab berupa alat bajak modern.

“Ada keluhan dari para petani bu, kami membutuhkan Cultivator (mesin bajak) sehingga tidak perlu manual lagi, tapi dengan mesin produksi bisa lebih cepat,” pungkasnya. (Aji)

  • Share

Leave a Reply

%d bloggers like this: