fbpx

Gedung Baru Disdukcapil Mimika Rencana Dibangun Tiga Lantai

  • Share
Suasana Rapat Perencanaan Pembangunan Gedung Disdukcapil di Kantor Bappeda, Kamis (17/9)

Timika, antarpapuanews.com – Pemerintah Kabupaten Mimika berencana membangun kantor tiga lantai untuk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Perencanaan pembangunan kantor tersebut masih dalam tahapan diskusi. Diskusi tersebut dilakukan dalam rapat perencanaan pembangunan gedung kantor Disdukcapil yang digelar oleh Badan perencanaan pembangunan daerah (Bappeda) di kantor Bappeda Mimika, Kamis (17/9).

Seminar pendahuluan ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai rancangan awal pembangunan gedung kantor Disdukcapil. Hadir dalam sinar pihak konsultan dan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Konsultan yang telah ditunjuk menyebutkan rencananya kantor akan dibangun di jalan Cendrawasih, kemudian bangunan akan dibagi menjadi tiga, yakni lantai basement, satu dan dua. Lantai paling bawah akan difungsikan sebagai lahan parkir, kemudian lantai dua untuk pelayanan dan tiga khusus untuk pegawai dan pimpinan.

Ilustrasi Perencanaan Gedung Baru Disdukcapil, Ilustrasi belum final dan akan ada perubahan

Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yang hadir, diminta untuk memberikan masukan terkait kekurangan dari gedung tersebut sebagai bahan pertimbangan sebelum melakukan pembangunan.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng dalam sambutannya yang diwakili oleh Sekretaris Bappeda Mimika Hilar Limbong menyampaikan, Pemkab Mimika sedang berusaha untuk memenuhi sarana dan prasarana utama, penunjang pelayanan masyarakat. Salah satunya adalah rencana pembangunan kantor Disdukcapil, yang dinilai dapat menunjang tugas dan fungsi OPD dalam pelayanan publik.

Berdasarkan data yang dimiliki oleh Pemkab Mimika, jumlah penduduk Kabupaten Mimika tahun 2019 mencapai 219.689 jiwa dan akan terus bertambah setiap tahunnya. Mengantisipasi hal tersebut, maka dibutuhkan pembangunan guna memberikan pelayanan yang maksimal, terutama dalam bidang kependudukan.

Menurut Bupati, kondisi kantor Disdukcapil yang saat ini ada di Sentra Pemerintahan sudah tidak memadai untuk melayani kebutuhan masyarakat yang semakin bertambah. Dengan demikian, diperlukan pembangunan kantor Disdukcapil yang lebih baik agar pelayananan terhadap masyarakat lebih efektif dan efisien.

“Kondisi kantor sudah tidak memadai. Hal itulah yang menjadi latar belakang kegiatan penyusunan Survei Investigasi Desain (SID) dan Detail Engineering Design (DED), sebelum nanti membangun kantor. Perencanaan ini hanya awal saja, kemudian untuk pelaksanaan akan dilakukan tahun depan,” ungkap Bupati. (Aji)

  • Share

Leave a Reply

%d bloggers like this: