fbpx

Dewan Sambut Baik Rencana Pengoperasian Bandara Baru Akhir Tahun Ini

  • Share
Anggota Komisi C DPRD Mimika Leonardus Kocu (foto: dok/antarpapuanews.com)

Timika, antarpapuanews.com – Mewakili Komisi C DPRD Mimika, Leonardus Kocu, memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika yang telah memastikan bandara Mozes Kilangin milik pemerintah yang bersumber dari APBN tersebut beroperasi akhir tahun ini.

“Mengenai rencana peresmian bandara baru ini kan proyek prioritasnya pemerintah Mimika, kalau pemerintah rencana selesaikan dan resmikan akhir tahun ini, kita berikan apresiasi karena sesuai dengan rencana kerja pemerintah dan salah satu indikator keberhasilan pemerintah,” kata Leo Kocu melalui sambungan telpon, Rabu (16/9).

Menurutnya, pengoperasian bandara tersebut merupakan salah satu indikator keberhasilan pemkab Mimika dalam pembangunan, dan tidak bergantung pada bandara PT Freeport Indonesia.

“Masyarakat Mimika juga berharap bahwa bandara yang dibangun pemerintah itu segera diselesaikan, baik fisik dan penyiapan sarana dan prasarana sehingga dalam penggunaannya itu pemerintah harus percaya diri, dan masyarakat juga bangga. Jangan kita gunakan bandaranya Freeport, seakan-akan kita ini tamu di rumahnya Freeport,” ujarnya.

Ia mengakui penyelesaian bandara yang menggunakan anggaran APBN tersebut telah dipastikan pengoperasiannya, namun pemerintah juga harus memastikan dari sisi kaulitasnya. Sebab belajar dari pengalaman banyak kegiatan fisik yang berjalan di Mimika karena dikerjakan dengan waktu yang singkat membuat pihak kontraktor tidak memikirkan dari sisi kualitas justru mereka lebih fokus pada sisi kuantitas. Sehingga perlu dilakukan evaluasi secara berkala untuk melihat progres pembangunan bandara tersebut.

“Untuk penyelesaian bandara baru itu kita tidak hanya kejar target tapi juga harus perhatikan kualitas, dan harapan kita pemerintah dalam menyelesaikan itu harus memperhatikan kualitas, dan melakukan evaluasi secara bertahap untuk mengukur target-target penyelesaian pekerjaan itu,” ucapnya.

Sementara itu terkait waktu dan anggaran, kate Leo, pihaknya tidak berkomentar banyak sebab Pemkab Mimika selaku pelaksana yang lebih mengetahui progres pembangunan bandara tersebut, selain itu DPRD periode ini tidak mengikuti dari awal perencanaan maupun pembangunan.

Ia berharap, diakhir tahun nanti, masyarakat Mimika sudah bisa mempergunakan fasilitas tersebut, juga dalam rangka mempersiapkan dua event besar yang akan diselenggarakan di Mimika di tahun 2021 mendatang.

“Yah, kami berharap secepatnya diresmikan, supaya masyarakat bisa gunakan,” harapnya. (mrc)

  • Share

Leave a Reply

%d bloggers like this: