fbpx

Kadistrik Prihatin Tingginya Kasus Malaria Di Wilayah Puskesmas Wania

  • Share
Richard Nelson Wakum, SE. MH, Kepala Distrik Wani Kabupaten Mimika (Foto : Aniz/antarpapuanews.com)

Timika, antarpapuanews.com – Kepala Distrik Wani, Kabupaten Mimika, Richard Nelson Wakum, SE. MH mengungkapkan keprihatinan terkait tingginya jumlah kasus malaria di Puskesmas Wania sejak Januari – September 2020.
Richard Nelson Wakum yang ditemui di ruang kerjanya, Senin (14/09) mengatakan, pihaknya telah turut aktif mengimbau warga untuk menjaga kebersihan diri sekaligus kebersihan lingkungan guna mencegah terjangkit malaria.
“Kami juga menyampaikan kepada masyarakat untuk datang ke puskesmas jika sakit, kalau sudah diberikan obat bagi yang ada penyakit malaria, harap diminum obatnya dan dihabiskan sesuai anjuran pihak rumah sakit bukan sesuai kemauan sendiri,” ujarnya.
Richard berharap kedepan dengan aktifnya masyarakat untuk menjaga kebersihan di lingkungan masing – masing, menjaga diri atau merawat diri dengan baik maka akan terhindar dari penyakit malaria dan penyakit lain.
Menurut Richard, urusan kesehatan bukan semata-mata tugas pemerintah dan petugas medis melainkan juga tugas semua warga untuk ambil bagian mencegah agar tidak terjangkit penyakit khususnya penyakit malaria.
Sebelumnya, Sabtu (12/9) Kepala Puskesmas SP 1, Marliana mengatakan, hingga September 2020, kasus malaria yang ditangani pihaknya sebanyak 5.689 kasus.
Selain kasus baru malaria, Puskesmas SP 1 juga mencatat kasus kambuhan malaria yang mana pada bulan lalu, pihaknya bisa melayani sebanyak 10 orang per hari.(Aniz)

  • Share

Leave a Reply

%d bloggers like this: