fbpx

Tiap Tahun Langganan Banjir, Dewan Harap Pemerintah Bisa Ambil Langkah Atasi Banjir

  • Share
WhatsApp Image 2020-09-02 at 14.39.19
Kondisi rumah warga yang terendam banjir (foto: Mercy/antarpapuanews.com)

Timika, antarpapuanews.com – Sekretaris Komisi C DPRD Mimika Saleh Alhamid mengatakan, hampir setiap tahun sejumlah tempat di wilayah kota Timika terendam banjir karena hujan, salah satunya di SP3.

“Hampir di wilayah Timika secara keseluruhan, kalau datang hujan semalam suntuk saja maka besok kita akan mendapat kabar terkait banjir dan menggenangi rumah warga, karena drainasenya tidak layak,” kata Saleh saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (2/9).

Ia menjelaskan, terkesan kurang ada perhatian dari pemerintah untuk membenahi banjir akibat hujan padahal saat ini belum banyak pemukiman jika dibandingkan dengan daerah lain yang mengalami banjir parah akibat curah hujan yang tinggi.

“Ini karena kurangnya perhatian dari pemerintah sudah paling lama. Di Timika kalau dibilang banjir bukan karena banyaknya pemukiman yang memutus aliran air,” jelasnya.

Apabila terjadi hujan semalam saja, warga tidak nyaman untuk tidur bagi yang memiliki rumah dipinggiran sungai, karena mengantisipasi adanya banjir.

“Salah satu keluh kesah masyarakat di Mimika adalah banjir, sehingga seharusnya dinas yang berkaitan dengan tata kota dan PU, program salam setahun itu tuntaskan masalah banjir itu juga tergantung situasi alam,” katanya.

Ia menghimbau kepada warga agar tidak membangun rumah di pinggiran kali atau sungai, ia juga meminta kepada pemerintah untuk bisa menormalisasi sungai, membuat talut, dan memperbaiki drainase yang sudah mengalami sedimen.

“Untuk itu diharapkan kepada masyarakat jangan membuat rumah di dekat aliran sungai tentu sangat berbahaya,” imbuhnya. (mrc)

  • Share

Leave a Reply

%d bloggers like this: