fbpx

Situasi Pandemi Corona Virus, Perpustakaan Kampung Nawaripi Diliburkan

  • Share

Timika, antarpapuanews.com – Kepala Kampung Nawaripi Distrik Wania, Norbertus Ditubun menuturkan bahwa selama masa pandemi Corona Virus, aktivitas Perpustakaan Kampung diliburkan.

Menurutnya, sebelum adanya pandemi ini, banyak anak-anak hingga orang dewasa yang mendatangi perpustakaan kampung untuk membaca.

“Sebelum ada corona, ratusan anak-anak hingga orang dewasa setiap harinya datang keperpustakaan untuk membaca,” tutur Kepala Kampung Nawaripi Distrik Wania, Norbertus Ditubun, Rabu (19/08) tadi.

Kepala Kampung Nawaripi Distrik Wania, Norbertus Ditubun

Sementara itu, terkait alasan ia membuat perpustakaan di Kampung Nawaripi, guna membangun Sumber Daya Manusia (SDM) warganya. Ia menekankan bahwa warga Kampung Nawaripi terkhusus warga asli Mimika, sedang ia mengupayakan untuk meningkatkan SDM-nya.

“Kata orang, Buku adalah gudang ilmu pengetahuan. Oleh karena itu saya upayakan untuk meningkatkan SDM warga asli Nawaripi, makanya saya berinisiatif untuk buat perpustakaan”. ungkap Norman Ditubun.
dia mengakui bahwa, minat baca warganya sangat tinggi sebelum adanya pandemi Corona Virus.

Ia menjelaskan, dalam membangun perpustakaan, ia memasukkan surat ke perpustakaan daerah melalui Kepala Perpustakaan Daerah, Beni Renyaan yang kemudian memberikan bantuan buku sebanyak 500 Judul Buku.

“Saya ke perpustakaan daerah dengan membawa surat permohonan bantuan buku, setelah saya kasih masuk surat permohonan itu kepada Pak Beni Renyaan, ia kemudian merespon baik dan berikan 500 buku untuk perpustakaan Kampung Nawaripi,”ungkapnya.

Sementara untuk bangunan (tempat) yang digunakan, dirinya menjelaskan bahwa bangunan tersebut adalah miliknya, yang dipinjamkan kepada kampung untuk digunakan sebagai perpustakaan.

Ruang perpustakaan Kampung Nawaripi yang di tutup sementara waktu karena situasi pandemi covid-19

Norbertus menambahkan, mempekerjakan dua orang warga di kantor perpustakaan tersebut dan setiap bulannya kedua pekerja itu diberi upah. (Jack)

  • Share

Leave a Reply

%d bloggers like this: